26.3 C
Jakarta
Saturday, September 7, 2024

    Siiip !!! Tiongkok siap bantu dunia perangi virus corona, ajak Rusia menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat global

    Terkait

    Jakarta, 24/3/20 (SOLUSSInews.com) – Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok menyatakan siap membantu negara-negara yang saat ini tengah ‘berperang’ melawan penyebaran pandemi virus corona.

    Demikian Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xi Jinping, ysng disampaikan di tengah percakapan telepon dengan Presiden Rusia, Valdimir Putin, Jumat (20/3/20) waktu setempat.

    Mengutip kantor berita Xinhua, Xi mengatakan, Beijing bersedia membantu dan bekerja saja dengan Rusia dan negara lain untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat global.

    “Tiongkok memiliki kepercayaan diri, kapasitas, dan kepastian untuk mencapai kemenangan melawan epidemi Covid-19,” tulis Xinhua mengutip ucapan Xi kepada Putin.

    Presiden Putin apresiasi
    Merespons pernyataan Xi, Putin mengaku mengapresiasi langkah RRT dalam menekan penyebaran virus corona.

    “Rusia sangat menghargai upaya Tiongkok (memerangi virus corona). Tiongkok juga telah memberi contoh bagi bagi masyarakat internasional dengan memberikan bantuan bagi negara yang sedang dilanda pandemi,” ujar Putin merespons ucapan Xi.

    Pandemi virus corona yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, RRT pada akhir Desember 2019 hingga saat ini telah menyebar ke 158 negara di dunia.

    Hingga saat ini lebih dari 10 ribu orang dinyatakan meninggal akibat virus corona. Sementara kasus penyebarannya telah mencapai 246.148 dengan 85.763 pasien dinyatakan sembuh.

    Tidak ada kasus infeksi baru
    Kendati angka kematian terus meningkat, untuk pertama kalinya Tiongkok melaporkan tidak ada kasus infeksi baru di negaranya pada Kamis (19/3/20) lalu.
    Jika diakumulasi, angka kematian akibat virus corona di seluruh dunia saat ini juga telah melampaui Tiongkok.

    Penyebaran virus corona juga sempat memicu aksi diskriminatif terhadap etnis Asia di negara-negara Eropa.

    Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bahkan sempat mengkritik RRTI yang dianggap tidak bertindak cepat menangai penyebaran virus corona hingga meluas ke seluruh dunia.

    “Tentu saja dunia harus membayar mahal atas apa yang mereka (Tiongkok) lakukan (terhadap penyebaran corona),” ujar Donald Trump dalam sebuah konferensi pers, Kamis (19/3/20). Demikian Xinhua sebagaimana dilansir CNN Indonesia. (S-CNN/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini