27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Warga Pulau Ruang, Tagulandang direlokasi, pemerintah siapkan lokasi

    Terkait

    PRIORITAS, 29/4/24 (Manado): Pasca-erupsinya Gunung Ruang, 16 April 2024 lalu, pemerintah menyiapkan lokasi relokasi bagi warga Pulau Ruang, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

    Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jarwansyah di Manado, Senin (29/4/24), mengatakan, terkait dengan pembangunan di tempat relokasi warga Pulau Ruang, akan dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

    Ia menjelaskan, pemerintah daerah akan menyediakan lahan seluas tujuh hektare untuk tempat relokasi nantinya. Itu sementara berproses dan lokasi relokasi hanya di Tagulandang,” katanya menjelaskan.

    “Jadi warga yang tinggal di Pulau Ruang dan sekarang ini dievakuasi ada sebanyak 272 kepala keluarga atau sekitar 838 jiwa, mereka akan direlokasi,” kata Jarwansyah, seperti dikutip ANTARA.
    Tidak disarsnkan kembali
    Jarwansyah menambahkan, warga Pulau Ruang yang dievakuasi ke Tagulandang, tidak disarankan untuk kembali ke tempat semula. Apalagi dari hasil peninjauan di 13 titik pengungsian mereka meminta untuk direlokasi.
    “Mereka (pengungsi) berharap mereka direlokasi di tempat tidak terlalu jauh,” ujarnya.
    Dia mengatakan, setelah tanggap darurat selesai dan ada pertimbangan-pertimbangan status dari PVMBG turun status dari awas ke siaga dan tidak ada potensi tsunami, warga diharapkan kembali rumah untuk renovasi kecuali warga Pulau Ruang.
    “Kita harap masyarakat kembali merenovasi rumah-rumah yang rusak. Makanya kita bantu menyediakan seng sama terpal supaya mereka bisa tinggal dan tidak berstatus sebagai pengungsi lagi,” katanya menambahkan.
    Warga Pulau Ruang masih berada di tempat pengungsian yang terletak di beberapa titik setelah Gunung Ruang yang berada di pulau tersebut erupsi hebat.

    Saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menurunkan statusnya dari awas level IV menjadi siaga level III. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini