31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    Simak detil gerhana matahari total pada Senin 8 April 2024 ini

    Terkait

    PRIORITAS, 8/4/24 (Jakarta): Hari Senin (8/4/24) ini ada gerhana matahari total. Dan gerhana matahari total ini disebutkan akan melewati beberapa negara, dan dapat disaksikan di berbagai belahan dunia.

    Sebagaimana dilansir dari laman resmi NASA, gerhana matahari merupakan fenomena yang terjadi ketika bulan melintas di depan matahari. Dan akan menghalangi permukaan yang terang serta menampakkan jejak-jejak atmosfer matahari.

    Kesejajarannya harus tepat, dan hal ini menimbulkan jalur totalitas yang sempit, sehingga gerhana total dapat dilihat. Gerhana pada 2024 ini bisa jadi akan lebih menarik karena adanya perbedaan jalur, waktu, dan penelitian ilmiah.

    Para pengamat melihat jalur gerhana matahari 2024 lebih totalitas ditandai dengan posisi bulan yang benar-benar menghalangi matahari, memperlihatkan atmosfer luar bintang. Saat bulan mengorbit Bumi, jaraknya dari planet ini cukup berbeda-beda.

    Melewati lebih banyak kota

    Pada saat gerhana matahari total 2017, bulan berada sedikit lebih jauh dari Bumi daripada saat gerhana matahari total 2024. Jalur gerhana 2024 juga akan melewati lebih banyak kota dan daerah padat penduduk ketimbang jalur 2017. Hal ini akan memudahkan lebih banyak orang untuk melihatnya.

    Negara yang dilewati oleh gerhana matahari total 2024, yaitu Samudra Pasifik, melewati Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, dan berakhir di Samudra Atlantik pada 8 April 2024.

    Fenomena ini terjadi ketika bulan melintas tepat di depan matahari, jalur totalitasnya kira-kira sepanjang 115 km. Di luar jalur tersebut, gerhana parsial dapat dilihat, tetapi semakin jauh dari jalur totalitas, semakin kecil bagian matahari yang akan dikaburkan.

    Gerhana ini terjadi kurang dari enam bulan setelah gerhana matahari annular ‘cincin api’ pada 14 Oktober 2023 di delapan negara bagian pada Barat Daya AS serta Meksiko, Guatemala, Belize, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, dan Brasil.

    Selama gerhana matahari total, bulan tampak hampir sama persis dengan ukuran matahari, sehingga menghalangi seluruh piringan selama beberapa menit. Hasilnya adalah gerhana matahari total yang indah dapat di lihat dengan mata telanjang.

    Sementara itu, ukuran bulan yang tampak di langit dan bisa sepenuhnya menutupi matahari selama gerhana tergantung pada jarak bulan dari Bumi. Bulan memiliki orbit yang berbentuk elips mengelilingi Bumi, sehingga pada dua titik setiap bulannya, bulan berada pada titik terjauh (apogee) dan terdekat (perigee) dari Bumi. Hal ini menyebabkan bulan tampak sedikit lebih kecil dan sedikit lebih besar dari rata-rata di langit.

    Masyarakat di pantai barat Irlandia dan Skotlandia akan dapat melihat gerhana matahari sebagian, saat matahari terbenam pada malam itu. Adapun gerhana matahari total akan terlihat di Meksiko antara pukul 10:51 MDT dan 12:32 CST, di Amerika Serikat antara pukul 13:27 CDT dan 15:35 EDT, dan di Kanada antara pukul 15:12 EDT dan 17:16 NDT. (P-BS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini