31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    HUT Partai Golkar, Presiden sampaikan optimisme kebangkitan ekonomi, Airlangga puji kepemimpinan Jokowi saat pandemi

    Terkait

    Jakarta, 25/10/20 (SOLUSSInews.com) – Ketika menghadiri acara peringatan hari ulang tahun ke-56 Partai Golkar, Presiden Joko Widodo menyampaikan optimisme bahwa perekonomian Indonesia akan segera pulih kembali.

    Jokowi menyebutkan pandemi Covid-19 telah membuat kontraksi ekonomi di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia.

    “Perekonomian di berbagai negara mengalami kontraksi, bahkan resesi. Tak ada yang kebal dari pandemi, termasuk negara kita Indonesia,” kata Jokowi dalam video yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (24/10/20).

    Disebut Jokowi, pandemi Covid-19 membawa dampak buruk yang luar biasa dan telah menciptakan efek domino, mulai dari masalah kesehatan hingga masalah sosial dan ekonomi. Seluruh lapisan masyarakat terkena dampaknya, mulai dari tingkatan rumah tangga, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga korporasi.

    Kepala Negara menjelaskan, sebelum pandemi, ekonomi Indonesia selalu tumbuh sekitar lima persen. Di tahun 2019 misalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,02 persen.

    Akibat pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat menjadi 2,97 persen di triwulan pertama, dan minus 5,32 persen di triwulan kedua tahun 2020.

    “Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini insyaallah mampu untuk segera recovery, mampu melakukan pemulihan,” ujar Jokowi.

    Hal tersebut terlihat dari pergerakan berbagai indikator strategis selama triwulan ketiga tahun 2020 yang telah menunjukkan perbaikan. Harga-harga pangan seperti beras tetap terjaga.

    Selain itu, jumlah penumpang angkutan udara di bulan Agustus 2020 naik 36 persen dari bulan sebelumnya. Neraca perdagangan September 2020 juga surplus US$2,44 miliar. Purchasing Managers Index (PMI) mulai memasuki tahap ekspansi kembali, dan telah terjadi peningkatan konsumsi.

    “Ini artinya, peluang untuk mengembangkan usaha akan semakin terbuka, pertumbuhan ekonomi akan terus membaik dan penciptaan lapangan kerja bisa semakin terbuka luas,” jelas Jokowi.

    Di awal sambutan, Presiden tak lupa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-56 bagi Partai Golkar.

    “Semoga Partai Golkar yang sudah besar sekarang ini terus besar dan berkontribusi untuk Indonesia maju,” ujar Jokowi.

    Puji kepemimpinan Jokowi

    Sementar itu, Ketua Umum Partai Golkar (PG) Airlangga Hartarto mengemukakan sejak awal 2020, dunia mengalami sebuah malapetaka besar yang terjadi mungkin hanya satu abad sekali. Pandemi Covid 19 menjadi momok bagi 215 negara, dan menggoyahkan sendi-sendi ketahanan sosial, kesehatan, ekonomi, politik dan sebagainya.

    Namun, di tengah kesulitan dunia yang mendalam, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Indonesia mampu menemukan jalan optimal untuk menghindari akibat yang lebih parah dari pandemi ini.

    “Kondisi Indonesia sejauh ini relatif lebih baik dibandingkan dengan banyak negeri lainnya,” kata Airlangga pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun PG ke-56 di Jakarta, Sabtu (24/10/20).

    Hadir pada acara itu, Ketua Dewan Pembina PG Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tanjung, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono dan para penggurus Dewan Pimpinan Pusat PG. Presiden Jokowi memberikan sambutan secara virtual pada acara tersebut.

    Airlangga menjelaskan dalam momen keprihatinan seperti sekarang ini, ikatan solidaritas kebangsaan diuji. Solidaritas harus menjadi pemicu agar bisa bekerja lebih keras lagi, baik dalam mengatasi masalah kesehatan maupun dalam menyelesaikan berbagai dampak ekonomi yang diakibatkannya.

    Sejauh ini, lanjut Airlangga, berkat kerja sama semua pihak, serta berkat arahan yang jelas dari Presiden Jokowi, tanda-tanda yang semakin membaik sudah mulai dirasakan. Menurut data Bank Dunia, di negara-negara Asia, pemulihan dan prospek ekonomi Indonesia berada dalam kategori terdepan. Bahkan, dalam dua atau tiga tahun mendatang, kebangkitan kembali ekonomi Indonesia diperkirakan akan menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

    “Tentu saja, semua itu tidak akan datang dengan sendirinya. Kita harus bekerja keras dalam mewujudkannya,” ujar Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

    Dia menyebut, Undang-Undang Cipta Kerja hadir untuk mempercepat kebangkitan kembali ekonomi Indonesia pasca-pandemi. Dia mengapresiasi atas pengesahan UU tersebut.

    “Undang-undang ini adalah hasil kerjasama produktif dari begitu banyak pihak, baik di DPR, eksekutif, maupun berbagai elemen masyarakat. Secara khusus, apresiasi yang dalam harus kita berikan kepada Presiden Jokowi dan koalisi partai pendukung beliau,” tutup Airlangga Hartarto. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini