27.2 C
Jakarta
Friday, May 24, 2024

    Untuk meningkatkan kesehatan usus, minum air hangat dengan “infused water”

    Terkait

    PRIORITAS, 13/5/24 (Jakarta): Kita sudah sedang memasuki musim panas. Nah, di musim seperti ini, kita perlu menghidrasi tubuh. Yakni denganinfused water, sehingga dapat meningkatkan pencernaan, detoksifikasi usus dari makanan yang tidak tercerna, logam berat dan racun.

    Berdasarkan laman Hindustan Times, Sabtu (11/5/24) lalu, Ghee dengan air hangat dalam salah satu kombinasi yang dapat meningkatkan kesehatan usus Anda selain meningkatkan fungsi kognitif dan membantu penurunan berat badan.

    Pelatih Ayurvedic dan Spesialis Usus, Dr Dimple Jangda, mengatakan, orang dengan kulit kering kasar, rambut kering kasar dan keriting, usus kering yang berujung pada sembelit, pembuangan limbah yang tidak tuntas, dan gangguan kesehatan pencernaan merupakan tanda kurang hidrasi.

    Ia menyarankan orang yang mengalami gejala tersebut dapat mengonsumsi 200 mililiter air hangat dengan satu sendok teh Ghee (mentega murni) saat perut kosong.

    Ghee memiliki asam butirat yang membantu melumasi saluran pencernaan, menstimulasi sistem pencernaan, membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.
    Hal ini memungkinkan kelancaran evakuasi limbah dan membantu menghilangkan logam berat dari tubuh kita.

    Ghee juga kaya akan vitamin yang larut dalam lemak dan asam lemak esensial yang membantu menyehatkan dan mendukung jaringan seperti kulit, persendian, dan otot.

    Selain itu, Ghee memiliki efek mengikis pada usus, dan membantu menghilangkan logam berat, ama (racun) dari tubuh kita. Ketika dilarutkan dalam air hangat, ia bergerak ke sistem pencernaan dengan cepat.

    Manfaat lainnya ialah mendukung kejernihan mental, kekebalan dan membantu penurunan berat badan.

    Alternatifnya, bagi mereka yang memiliki metabolisme rendah dan cenderung mengalami kenaikan berat badan, bisa memulai hari dengan infus lemon, jahe, kayu manis.

    Bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan lesu, metabolisme rendah dan kecenderungan menambah berat badan, dapat memulai hari dengan 200 mililiter air hangat dengan perasan lemon, sejumput kayu manis dan parutan jahe.

    “Ini membantu menghidrasi sistem, mendorong eliminasi racun, dan membantu proses detoksifikasi. Lemon juga membuat tubuh menjadi alkali, meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan. Lemon juga membantu membunuh bakteri tidak sehat di mulut dan mencegah bau mulut,” tambah Jangda.

    Hidrasi tubuh penting di musim panas

    Sementara Ahli Gizi Bhakti Arora Kapoor dalam laporan terbarunya mengatakan, hidrasi menjadi bahkan lebih penting lagi di musim panas karena kita berkeringat lebih banyak, yang menyebabkan potensi dehidrasi dan hilangnya elektrolit penting.

    Infused water menawarkan solusi yang lezat, memberikan hidrasi sekaligus menggoda selera Anda dengan rasa yang menyegarkan.

    “Musim panas menghadirkan kegembiraan dan tantangan tersendiri, dan tetap terhidrasi adalah hal yang terpenting selama bulan-bulan hangat ini. Meskipun tergoda untuk mengonsumsi minuman bersoda manis atau minuman berkafein, air menjadi hidrator utama, terutama ketika diresapi dengan rasa alami,” katanya, seperti dikutip ANTARA.

    Memasukkan buah-buahan, sayuran, dan herba ke dalam infus air Anda menambah tambahan nutrisi, memasok vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang mendukung fungsi kekebalan dan melawan peradangan. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini