28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Studi !!! Vaksinasi Covid-19 di Inggris cegah 6.100 kematian dalam 12 minggu

    Terkait

    London, 27/3/21 (SOLUSSInew.com) – Terbukti, peluncuran vaksinasi Covid-19 di Inggris mencegah setidaknya 6.100 kematian dari awal Desember hingga akhir Februari 2021.

    Berdasarkan satu studi baru oleh Public Health England (PHE), periode tersebut merupakan saat orang tua diprioritaskan untuk vaksinasi Covid-19.

    Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (26/3/21), PHE memperkirakan, mulai 8 Desember yakni saat Inggris memulai inokulasi massal dengan vaksin Pfizer-BioNTech – hingga akhir Februari, sekitar 5.900 kematian dicegah di antara orang-orang yang berusia 80 tahun ke atas. Sejumlah 200 orang di antara mereka ialah warga berusia 70 hingga 79 tahun.

    “Analisis baru ini menghitung berapa banyak nyawa yang telah mereka selamatkan dalam beberapa bulan pertama program vaksin, dan dengan setiap hari tambahan lebih banyak nyawa yang telah dan akan diselamatkan,” kata Dr Mary Ramsay, kepala imunisasi PHE.

    Meskipun vaksin memiliki efek mencolok pada kematian, PHE belum tahu seberapa besar ini akan mengurangi risiko orang menularkan Covid-19 ke orang lain.

    “Bahkan jika Anda telah divaksinasi, sangat penting bagi Anda untuk terus bertindak seolah-olah Anda terkena virus, mempraktikkan kebersihan tangan yang baik dan tetap di rumah,” tambahnya.

    Kalangan lanjut usia

    Inggris telah terpukul pandemi Covid-19 tersebut, dan mencatat lebih dari 125.000 kematian – salah satu jumlah korban terburuk di dunia.

    “Nilai sebenarnya dari vaksin ini mungkin juga dalam hal menghindari kematian di masa depan, jika Covid-19 muncul kembali di Inggris,” kata PHE.

    Karena kalangan lanjut usia paling berisiko terkena virus, bersama dengan orang-orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya, prioritas program vaksinasi Covid-19 difokuskan terutama pada strategi berbasis Lansia untuk mencegah hilangnya nyawa terbesar.

    Program inokulasi Inggris telah dipuji banyak negara secara luas. Dengan sekitar 29 juta orang, atau hampir setengah dari populasi orang dewasa di negara itu, yang menerima dosis pertama hingga saat ini, Inggris memiliki salah satu tingkat vaksinasi tercepat di dunia. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini