26.5 C
Jakarta
Sunday, May 19, 2024

    Boenjamin Setiawan dan Mochtar Riady, di antara lima kakek paling kaya di Indonesia dengan harta masing-masing puluhan triliun

    Terkait

    Jakarta, 5/1/23 (SOLUSSInews.com) – Tercatat ada lima kakek terkaya di Indonesia dengan harta capai triliunan rupiah yang mungkin luput dari pemberitaan.

    Para kakek terkaya ini bahkan masuk ke dalam 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2020 versi Forbes. Mereka rata-rata berusia 84 tahun sampai 94 tahun dengan berbagai bisnis seperti batu bara, farmasi, properti, sampai minyak sawit.

    Berikut ulasan selengkapnya.

    1. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

    Sosok Lim Hariyanto Wijaya Sarwono dengan predikat kakek terkaya di Indonesia. Menginjak usia 94 tahun memiliki harta kekayaan mencapai US$1,12 miliar atau setara Rp17,4 triliun dengan kurs Rp15.600 per US$.

    Sumber kekayaan Lim Hariyanto ini berasal dari minyak sawit sampai nikel.  Seperti diketahui, Lim dan keluarganya mempunyai saham mayoritas di produsen minyak sawit yang ‘listing’ di Singapura, Bumitama Agri.

    Grup Harita yang dimiliki oleh keluarga ini juga mempunyai mayoritas perusahaan tambang bauksit yaitu Cita Mineral Investindo.

    2. Mochtar Riady

    Saat ini Mochtar Riady sudah menginjak usia 93 tahun dengan kekayaan mencapai US$1,45 miliar atau setara Rp22,6 triliun.

    Dengan jumlah kekayaan ini, Mochtar Riady juga menjadi salah satu kakek terkaya di Indonesia.

    Dia merupakan pendiri Lippo Group. Saat ini, Lippo Group bergelut di bidang ‘real estate’ (properti), ritel, kesehatan, media, dan pendidikan.

    3. Boenjamin Setiawan

    Kakek Boenjamin Setiawan memiliki kekayaan sebesar US$4,8 miliar atau setara Rp74,8 triliun.

    Boenjamin Setiawan yang kini berusia 89 tahun akrab disapa sebagai Dr Boen.

    Dilaporkan, Boenjamin Setiawan ini merupakan seorang dokter yang mendirikan Kalbe Farma di sebuah garasi tahun 1996 bersama lima saudara kandungnya.

    4. Soegiarto Adikoesoemo

    Nah, Soegiarto Adikoesoemo juga menjadi salah satu kakek terkaya di Indonesia karena memiliki kekayaan sebesar US$1,22 miliar atau setara Rp19,03 triliun.

    Soegiarto Adikoesoemo berusia 84 tahun merupakan pendiri AKR Corporindo yang bergerak di sektor kimia dan saat ini merambah ke sektor BBM.

    5. Kiki Barki

    Selanjutnya, kakek terkaya terakhir ialah Kiki Barki. Saat ini usianya telah menginjak 83 tahun dan memiliki kekayaan sebesar US$1,3 miliar atau setara Rp20,2 triliun yang berasal dari bisnis batubara.

    Kiki Barki mendirikan perusahaan Harum Energy yang bergerak di bidang pertambangan batu-bara pada tahun 1995 dan melantai di BEI pada 2010. Demikian Viva.co.id. (S-VC/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini