34 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    Shionogi ”Zokoba” obat oral Corona pertama ‘made in Japan’, cocok antisipasi Omicron BA5

    Terkait

    Tokyo, 14/12/22 (SOLUSSInews.com) – Kini ada obat oral untuk virus Corona baru yang dikembangkan perusahaan Jepang, Shionogi. Dan dalam rapat ahli Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, akhir November lalu, telah ada kesepakatan untuk mengizinkan penggunaannya, dan menyetujui penuh obat tersebut dipakai di masyarakat Jepang.

    “Keistimewaannya adalah dapat diambil dari stadium ringan bahkan untuk pasien dengan risiko rendah menjadi parah, dan merupakan obat oral pertama yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi dalam negeri,” ungkap sumber Tribunnews.com Jumat (25/11/22) lalu.

    Obat oral virus Corona “Zokoba” yang dikembangkan oleh Shionogi Pharmaceutical Co, Ltd, telah disetujui untuk digunakan.

    Sistem ”persetujuan darurat” 

    Ini merupakan obat oral untuk virus corona baru yang dapat diambil dari stadium ringan. Tidak seperti obat sebelumnya yang ditujukan pada pasien dengan risiko tinggi menjadi parah, hal ini ditandai dengan dapat dikonsumsi oleh pasien dengan risiko rendah menjadi parah.

    Sesudah aplikasi untuk persetujuan penggunaan diajukan pada bulan Februari tahun ini, hal itu dibahas pada bulan Juni dan Juli di bawah sistem ”persetujuan darurat” untuk segera menyetujui obat-obatan yang dikembangkan dalam keadaan darurat. Keputusan itu ditunda dan dilanjutkan dengan pertimbangan, dan Shionogi kemudian menyerahkan hasil uji klinis tahap akhir baru kepada Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan.

    Pada pertemuan ahli Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan yang diadakan pada tanggal 22 November, diakui efektif dalam memperbaiki gejala seperti demam, disetujui Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

    Ini merupakan obat oral pertama yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi dalam negeri.

    Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Kato mengadakan konferensi pers pada malam 22 November, mengatakan, “Kami berharap ini akan berkontribusi pada langkah-langkah melawan virus Corona baru sebagai salah satu pilihan pengobatan baru, dan perusahaan domestik akan memproduksi dan menjualnya. Jadi dari perspektif pasokan yang stabil. Ini sangat penting. Segera setelah sistem distribusi ditetapkan, kami berencana untuk mulai memasoknya untuk digunakan dalam pengaturan medis pada awal Desember, dan institusi medis yang dapat meresepkannya akan dipublikasikan di situs web prefektur.”

    Orang Jepang terlebih dulu

    Shionogi & Co, Ltd, mengumumkan komentar pada malam  22 November mengenai persetujuan pemerintah terhadap Zokova, obat oral untuk virus Corona baru, di bawah sistem “persetujuan darurat”.

    “Kami akan terus bekerja untuk memberikan opsi pengobatan baru ini kepada semua orang di Jepang terlebih dahulu, dan kemudian ke banyak negara lain yang membutuhkan obat ini.”

    Selain itu, “Mulai tanggal 23, kami akan mulai mengirim ke grosir farmasi, dan kami berencana untuk menerima pesanan secara berurutan dari institusi medis terdaftar dan apotek yang dapat meresepkan dan mengeluarkan Zocova. Kami akan mengerjakan pengumpulan yang andal dan penyediaan tepat waktu ke institusi medis .”

    Ketika virus Corona baru terinfeksi, ia menyerang sel dan menyalin RNA virus itu sendiri untuk meningkat, tetapi obat baru itu menekan proliferasi virus dengan menonaktifkan enzim yang bekerja pada tahap persiapan untuk penyalinan.

    Mekanisme kerja obat ini sama dengan obat oral “Pakilovid Pack” yang dikembangkan oleh Pfizer, sebuah perusahaan farmasi besar Amerika.

    Mengenai “Zokoba”, Shionogi & Co mengumumkan pada akhir September, mereka telah dikonfirmasi bahwa periode gejala seperti demam dipersingkat dan efek perbaikan gejala dikonfirmasi dalam uji klinis tahap akhir. (S-TN/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini