27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Progres pembangunan IKN sambut HUT Kemerdekaan RI 2024

    Terkait

    PRIORITAS, 4/5/24, (Jakarta) : Awal tahun ini, beritaprioritas.com bersama Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI) berkesempatan melihat dari dekat progres pembangunan berbagai fasiltas di Ibu Kota Nusantara (IKN).

    Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya saat bincang langsung di kantor IKN menjelaskan, pembangunannya akan dikebut agar tahun ini, terutama Istana Negara diharapkan sudah bisa digunakan pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

    Dalam pertemuan tersebut, Achmad Jaka Santos Adiwijaya yang didampingi Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik/Juru Bicara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Troy Pantouw mengungkap sejumlah progres pembangunan Istana Presiden di IKN.

    Secara rinci Troy Pantouw menambahkan, Istana Presiden ditargetkan selesai sebelum hari H, 17 Agustus 2024. Selain itu, beberapa rumah dinas menteri, kantor kementerian, juga apartemen untuk tempat tinggal Aparatur Sipil Negara (ASN) ditargetkan tuntas pembangunannya dan siap dipakai sebelum pelaksanaan upacara kemerdekaan di IKN pada 17 Agustus 2024.

    Ruang keluarga apartemen ASN di IKN. (foto: kompas.com)

    Khusus apartemen tempat tinggal ASN, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga sebagaimana dilansir Kompas.com (4/5/24) mengungkapkan, sejumlah 12 tower apartemen untuk tempat tinggal ASN di IKN, ditargetkan tuntas pembangunannya pada bulan Juli 2024.

    Menurut Danis, 12 tower tersebut merupakan bagian dari 47 tower apartemen yang disediakan oleh pemerintah bagi ASN yang pindah ke IKN. “Insyaallah, ada 47 tower apartemen. Nanti kesiapannya secara bertahap. Nanti bulan Juli 12 tower, September 21 tower, November sampai Desember sisanya,” ungkap Danis.

    Sebelum resmi ditempati oleh ASN, apartemen tersebut akan ditempati oleh petugas upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Seperti diketahui, pemerintah berencana menggelar upacara perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

    Danis menambahkan, apartemen yang akan menjadi tempat tinggal ASN dirancang setinggi 12 lantai dengan masing-masing lantai berisi 5 unit apartemen. Dengan demikian, dalam satu tower terdapat 60 unit apartemen. Dan masing-masing unit apartemen didesain seluas 98 meter persegi yang terdiri dari 3 kamar tidur, dua kamar mandi, satu ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan ruang cuci.

    Gambaran detail contohnya, apartemen ASN 1 langgam desain yang diterapkan adalah modern minimalis, dengan dominasi warna pastel krem, putih, dan aksen coklat muda. Terdapat ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga dengan sofa dua dudukan (seater) berwarna abu-abu muda, dan single seater berwarna putih berkelir coklat.

    Televisi layar datar menjadi focal point dari ruang keluarga ini, ditempatkan di atas meja multiguna. Kamar tidur utama berisi tempat tidur ukuran king size yang dilengkapi dengan nakas kembar di sisi kiri dan kanan, berikut lampu tidur yang bisa diatur posisinya. Sementara dua kamar tidur lainnya dirancang untuk anak-anak, yang juga bernuansa warna-warna kalem menenangkan.

    Apartemen ASN 4 bernuansa earthy tone dengan dominasi warna tanah, dan abu-abu tua yang menjadi atensi perhatian. Ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang kerja, dan dapur didesain compact, dengan bentuk furnitur ergonomis. Kedua kompleks apartemen ini juga dirancang serba canggih dengan penerapan teknologi smart home yang bisa diakses melalui satu panel yang dipasang di dinding.

    Penghuni dapat mengatur suhu udara, menyalakan televisi, menghidupkan lampu, menutup atau membuka gorden hanya dengan menekan tombol pada panel tersebut atau one touch button. “Semua unit fully furnished, ASN tinggal bawa koper baju aja,” cetus Danis.

    Sebagai informasi, total ASN prioritas pertama yang dipindahkan adalah 11.916 orang, prioritas kedua 6.774 orang, dan prioritas ketiga 14.237 orang. Kemudian untuk tahap satu dalam prioritas pertama hanya sebanyak 6.000 ASN yang dipindahkan. Hal ini menyusul apartemen yang siap digunakan hanya 6.000 unit, sementara unit-unit lainnya, belum memadai. Danis menjelaskan bahwa 9 tower rusun ASN di IKN sudah tutup atap. (P-*/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini