27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    MotoGP Spanyol: Bagnaia menang, Marquez rebut posisi dua, Martin terjatuh

    Terkait

    PRIORITAS, 28/4/24 (Jerez): Untuk pertamakalinya sejak menggunakan motor tunggangan baru, Marc Marquez berhasil meraih podium dengan merebut posisi dua di Sirkuit Jerez, Spanyol.

    Sementara itu, pembalap Ducati Francesco Bagnaia menang MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez, Minggu (28/4/24) tersebut.

    Juara dunia enam kali, Marc Marquez sebetulnya telah memimpin balapan dengan baik. Lantas penguasa klasemen sementara Jorge Martin sempat menyodok ke posisi kedua. Tapi kemudian Francesco Bagnaia yang start dari posisi ketujuh menyalip Martin dan mengancam Marquez.

    Pada lap kedua, Bagnaia menyalip Marquez dan memimpin balapan. Dominasi pembalap Ducati terlihat dalam balapan ini.

    Pertarungan sengit Bagnaia, Marquez, dan Martin terjadi pada lap kedua dan ketiga. Marquez bisa menyalip Martin. Namun tidak berselang lama Martin mengudeta posisi pertama yang ditempati Bagnaia.

    Di belakang Martin, Bagnaia, dan Marquez ada Marco Bezzechi, Alex Marquez, dan Brad Binder. Sedangkan Fabio Quartararo di posisi ke-19.

    Kemudian Daniel Pedrosa mengalami kecelakaan di tikungan delapan pada lap keempat. Bezzecchi menyalip Marquez yang turun ke posisi keempat, sedangkan Martin dan Bagnaia jauh di depan bersaing ketat memperebutkan posisi pertama.

    Sampai dengan lap kedelapan, Martin dan Bagnaia unggul lebih dari 0,510 detik atas Bezzecchi, sedangkan Marquez unggul 0,865 detik atas adiknya Alex Marquez.

    Martin downside

    Nahas bagi Jorge Martin yang sedang memimpin balapan. Pembalap Spanyol itu mengalami downside pada tikungan enam lap 11.

    Kecelakaan Martin menguntungkan Bagnaia yang jadi pemimpin balapan. Bezzecchi pun naik ke posisi kedua, sedangkan Marquez kembali ketiga. Insiden tersebut membuat Martin kehilangan poin pada seri ini.

    Marquez dan Bezzecchi tetap sengit memperebutkan posisi kedua di belakang Bagnaia. Marquez sempat menyalip, tetapi Bezzecchi merebut kembali posisinya itu dengan baik.

    Marquez terus menempel ketat Bagnaia dengan hanya selisih 0,5 detik. Saat balapan tersisa lima lap, Marquez mempersempit jarak menjadi 0,122 detik.

    Marquez sempat menyalip Bagnaia pada lap ke-21. Kedua pembalap bahkan terlihat saling bersentuhan pada tikungan 10 saat menikung. Tubuh dan motor Marquez menyentuh ban depan Bagnaia, namun tidak ada yang terjatuh.

    Akan tetapi Bagnaia bisa kembali mengambilalih posisi pertama dari Marquez pada tikungan berikutnya.

    Persaingan Bagnaia dan Marquez menyisakan selisih jarak hingga 2,8 detik dengan Bezzecchi di tempat ketiga.

    Di tikungan sembilan lap ke-22, Marquez lagi-lagi menyalip Bagnaia. Tetapi Marquez terlalu melebar, sehingga Bagnaia kembali terdepan.

    Bagnaia akhirnya memenangkan MotoGP Spanyol 2024 usai mencatatkan waktu 40 menit 58,053 detik, Marquez meraih podium kedua, sedangkan Bezzecchi podium ketiga.

    Hasil MotoGP Spanyol 2024 di Sirkuit Jerez:

    1. Francesco Bagnaia
    2. Marc Marquez
    3. Marco Bezzecchi
    4. Alex Marquez
    5. Enea Bastianini
    6. Brad Binder
    7. Fabio Di Giannantonio
    8. Miguel Oliveira
    9. Maverick Vinales
    10. Pedro Acosta

    Klasemen MotoGP 2024 Usai MotoGP Spanyol:

    1. Jorge Martin 92 poin
    2. Francesco Bagnaia 75
    3. Enea Bastianini 69
    4. Pedro Acosta 69. (P/CNNi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini