28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Mayapada Group dan Tahir Foundation beri bantuan hadapi Covid-19 senilai Rp52 M, 70 persen tunai dan ‘voucher’ belanja

    Terkait

    “Bantuan ini kami salurkan kepada warga DKI Jakarta sekitar Rp22 miliar, Provinsi Jawa Barat sekitar Rp10 miliar, Provinsi Jawa Tengah sekitar Rp10 miliar, dan Provinsi Jawa Timur sekitar Rp10 miliar,” kata Ketua Grup Mayapada dan Yayasan Tahir, Dato Sri Tahir, Jumat (27/3/20) kemarin.

    Tahir menjelaskan bentuk bantuannya, 70 persen-nya dalam bentuk uang tunai dan voucher belanja. Sementara yang lain diletakkan dalam bentuk alat kesehatan seperti masker, termometer inframerah, dan pembersih tangan. Selain itu juga ada makanan dan minuman dari Orang Tua Grup dan Sindikat serta 10 unit motor gerobak dari Asian Motor.

    Khusus untuk bantuan untuk warga DKI Jakarta, Tahir menjelaskan, sebagian diberikan kepada Kementerian Sosial pada Selasa (24/3/20), senilai Rp2 miliar.  Sedangkan sisanya diberikan melalui Masjid Istiqlal 80 persen, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) 10 persen dan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) 10 persen.

    Bantuan melalui Masjid Istiqlal langsung diserahkan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, untuk disalurkan ke masjid dan pesantren di DKI Jakarta yang membutuhkan.

    “Tentunya pelaksanaannya kami serahkan sepenuhnya di bawah koordinasi Bapak Nasarudin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal. Begitu juga untuk Keuskupan Agung Jakarta dan Persekutuan Gereja Indonesia,” jelasnya.

    Terpanggil membantu pemerintah

    Direktur Pelaksana Mayapada Group sekaligus Komisaris PT Bank Mayapada Internasional Tbk, Hendra Mulyono, ketika menyerahkan bantuan di Masjid Istiqlal, kemarin mengungkapkan, pihaknya merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19 dan masyarakat kecil yang terdampak.

    Selain itu, Mayapada Group dan Tahir Foundation menyumbangkan 10 unit kendaraan bermotor dengan gerobak di belakangnya untuk menunjang fasilitas kebersihan. Untuk KAJ mendapatkan dua unit, PGI dua unit dan Masjid Istiqlal enam unit.

    Hendra mengungkapkan, kegiatan lanjutan ialah memberdayakan para pedagang UMKM yang saat ini terdampak ekonominya karena pandemi covid-19.

    Menanggapi bantuan tersebut, Masjid Besar Imam Istiqlal, Nasaruddin Umar mengungkapkan, memberikan bantuan ini menunjukkan seluruh umat beragama membuat pandemi Covid-19 ini sebagai tantangan bersama. Nasaruddin menghargai tradisi saling membantu merupakan suatu nilai luhur dari bangsa Indonesia, sebelum penyalurannya dilakukan melalui rumah ibadah.

    Ia meminta sudah menghimpun data penerima bantuan, melalui survei bersama dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia dan Kementerian Agama.

    Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Gomar Gultom dan Perwakilan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Romo Edi Mulyono mengapresiasi bantuan Mayapada Group dan Tahir Foundation. Seharusnya semua yang ada harus mempertimbangkan tentang seluruh umat beragama. (S-MI/ jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini