34 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    Kolaborasi !!! RS Siloam Makassar dan Pengembang Tanjung Bunga gelar ‘rapid test’ massal

    Terkait

    Makassar, 25/6/20 (SOLUSSInews.com) – Kerja sama dilakukan RS Siloam Makassar dengan PT Goa Makassar Tourism Development Corp Tbk (pengembang Tanjung Bunga), yakni menggelar kegiatan rapid test massal terhadap 250 personel awak pesawat (air crew) yang bertugas di Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, Selasa (9/6/20) lalu.

    Dilaporkan, kegiatan ini, merupakan wujud semangat solidaritas dan kebersamaan dalam melawan pandemi virus corona (Covid-19) di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), yang membutuhkan peran kunci dalam deteksi awal melalui testing yang cepat melalui antibody rapid test.

    Acara testing massal disaksikan langsung oleh Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI H Haris Haryanto SIP, Wakil Direktur Utama RS Siloam Hospitals Caroline Riady yang diwakili Direktur RS Siloam Makassar Dokter Herry Bertus. Juga Komisaris Utama PT GMTDC, Prof Didik Rachbini diwakili  Associate Director Tanjung Bunga, M Harrys H.

    RS Siloam Makassar dan PT Goa Makassar Tourism Development Corp Tbk (pengembang Tanjung Bunga), menggelar kegiatan rapid test massal terhadap 250 personel awak pesawat (air crew) yang bertugas di Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin, Makassar, Selasa (9/6/2020).

     

    Komandan Pangkalan Lanud TNI AU Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI H Haris Haryanto SIP, menyatakan, pihaknya menyambut dengan baik kerja sama ini.

    “Kami menghargai inisiatif dan kerja sama dengan pengembang Tanjung Bunga dan kelompok Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini. Kami berharap dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran virus corona dengan dilakukannya tes kepada lebih banyak pihak khususnya terhadap jajaran kami di Pangkalan. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pascates, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Marsekal Pertama Haris Haryanto.

    Kunci melawan Covid-19 

    Sementara itu, Wakil Direktur Utama RS Siloam Hospitals, Caroline Riady, menyatakan, kunci dari upaya melawan Covid-19 adalah testing dengan cepat, luas dan efektif. Dengan demikian, bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

    “Akibatnya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Siloam terus mengupayakan diri siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan Covid-19,” tandas Caroline Riady.

    Direktur RS Siloam Makassar, Dokter Herry Bertus, menambahkan,  dalam ikut berpartisipasi mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19, Siloam telah meningkatkan tiga puluh persen dalam kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan Khusus Covid-19 yaitu RS Siloam Makassar.

    “Selain itu, laboratori RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCT (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing, dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari dengan tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan,” kata Dokter Herry Bertus. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini