27.2 C
Jakarta
Sunday, May 19, 2024

    Formula 1: Pembalap Belanda, Max Verstappen klaim kemenangan Sprint pertama musim ini di GP China

    Terkait

    PRIORITAS, 20/4/24 (Shanghai): Tampil gemilang, pembalap Red Bull Max Verstappen mengeklaim kemenangan Sprint pertama untuk Formula 1 musim 2024 di Grand Prix China, pada balapan yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu (20/4/24).

    Verstappen unggul 13,043 detik atas juara GP China 2019 Lewis Hamilton (Mercedes), serta unggul cukup jauh dari rekan satu timnya Sergio Perez dengan margin waktu 15,258 detik.

    Sang pemimpin klasemen sementara memulai balapan dengan total 19 lap tersebut dari posisi keempat dan segera berakselerasi setelah menyelesaikan masalah tenaga (power) mobilnya pada lap ketujuh.

    Ia kemudian berhasil menyalip Fernando Alonso (Aston Martin), Hamilton, dan polesitter Lando Norris (McLaren). Persaingan yang cukup ketat terjadi di antara Verstappen dan Hamilton, tetapi sang pembalap Belanda mampu mempersempit jarak di antara keduanya dan meraih posisi terdepan.

    Hamilton mengaku puas

    Meskipun finis di posisi kedua, Hamilton mengaku puas dengan penampilannya hari ini. “Ini adalah hasil terbaik yang saya raih dalam waktu yang lama. Saya sangat senang dan bersyukur,” ujar Hamilton.

    “Kami tidak bisa melawan Red Bull, balapannya sulit tetapi saya mengetahui banyak tentang mobil ini melalui balapan singkat ini, jadi saya bersemangat untuk balapan besok,” ujarnya menambahkan.

    Sementara itu, duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz berada di urutan keempat dan kelima setelah selamat dari pertarungan menegangkan untuk memperebutkan tempat dengan Perez dan Alonso yang harus menghentikan Aston Martin-nya pada lap 18 setelah mengalami kebocoran.

    Lando Norris memulai dari pole tetapi hanya bisa berada di urutan keenam dengan McLaren-nya di depan rekan setimnya Oscar Piastri dan George Russell (Mercedes) di urutan kedelapan.

    Format baru diaplikasikan

    Di sisi lain, ini merupakan Sprint pertama dari enam Sprint dalam kalender Formula 1 2024, dan yang pertama di mana format baru diaplikasikan.

    Format baru ini meminta semua pembalap untuk mengikuti sesi kualifikasi untuk balapan pendek ini pada Sabtu.

    Perubahan ini berarti tim akan dapat menyesuaikan pengaturan mobil mereka setelah balapan Sprint untuk kualifikasi balapan utama, yang sebelumnya tidak diperbolehkan. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini