31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    CEO Apple sowan ke Jokowi dan Prabowo

    Terkait

    PRIORITAS, 18/4/2024 (Jakarta): CEO Apple Tim Cook menyambangi Indonesia. Dalam kunjungannya kali ini, Cook melakukan pertemuan dengan pihak eksekutif pemerintah Indonesia. Mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Bos raksasa elektronik asal Amerika Serikat itu bertemu langsung dengan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat. Pertemuan dilakukan kemarin Rabu 17 April 2024.

    Pada pagi hari, Cook tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 8.55 WIB. Pertemuannya sendiri dijadwalkan sekitar pukul 9.30 WIB. Dia tiba dengan mengenakan setelan jas lengkap. Dengan pakaian serba biru dan kemeja putih di dalamnya.

    Bahkan, Tim Cook sempat menunjukkan gestur perdamaian atau peace dengan mengacungkan kedua jarinya ke kamera awak media ketika tiba di Istana Kepresidenan. Pertemuan Tim Cook berlangsung sekitar 30 menit dengan Jokowi. Usai pertemuan itu dia sempat memberikan sanjungan serta apresiasi kepada Jokowi dan Indonesia.

    Tim Cook mengaku dirinya melakukan perbincangan yang sangat menyenangkan dengan Jokowi. Bos raksasa elektronik Amerika Serikat (AS) itu juga meyakini bahwa Indonesia saat ini merupakan salah satu pasar penting bagi Apple.

    “Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami. Dan saya melakukan percakapan yang menyenangkan dengan Tuan Presiden tentang komitmen kami terhadap negara ini,” ungkap Tim Cook usai melakukan pertemuan dengan Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

    Tim Cook mengatakan salah satu pembicaraan utama yang dia lakukan adalah soal pembukaan Apple Developer Academy yang keempat di Indonesia. Nantinya, fasilitas itu akan dibuka di Bali. Sejauh ini Apple menggelontorkan Rp 1,6 triliun untuk membangun 4 Apple Developer Academy. Saat ini akademi itu sudah ada di Batam, Tangerang Selatan, dan Surabaya. Berikutnya akan dibuka di Bali.

    Ia juga menjlaskan pihaknya memahami keinginan pemerintah Indonesia untuk menghadirkan fasilitas produksi. Namun, Cook enggan bicara secara rinci apakah pabrik benar-benar akan dibuka di Indonesia atau tidak.

    Tim Cook cuma bilang permintaan untuk menghadirkan pabrik manufaktur Apple di Indonesia akan menjadi perhatian khusus oleh pihaknya. “Kami tadi juga berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur (Apple) di Indonesia. Itu adalah sesuatu yang akan kami perhatikan,” beber Tim Cook.

    Sambangi Kantor Prabowo

    Menhan Prabowo Subianto dan CEO Apple Tim Cook saat pertemuan di Kementerian Pertahanan RI. (dok. Humas Kemhan)

    Perjalanan Cook berlanjut ke Kantor Kementerian Pertahanan. Kali ini dia menyambangi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga merupakan Presiden terpilih hasil Pemilu 2024. Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi. Pertemuan Tim Cook dan Prabowo disebut Budi Arie terjadi sekitar satu jam sejak pukul 13.00 WIB.

    Budi Arie menjelaskan bahwa pertemuan berlangsung penuh keakraban dan persahabatan. Tim Cook hadir bersama Vice President for Environment, Policy and Social Initiatives Apple Lisa Jackson, Head of Global Government Affairs Nick Amma, Head of Government Affair APAC Elizabeth Hernandez, serta Government Affairs for SEA Mirza Natadisastra.

    Menurut Budi Arie, Tim Cook menyampaikan rencana investasi dan Apple Developer Academy di Indonesia kepada Prabowo. “Indonesia negara yang menarik dan potensial bagi Apple,” ujar Budi Arie menirukan ucapan Tim Cook.

    Prabowo pun menyambut baik diskusi tersebut, dia juga menerima niat baik Apple untuk berinvestasi di Indonesia. Prabowo berharap investasi Apple bisa terlaksana dengan baik di Indonesia serta tepat waktu. “Pak Prabowo menyampaikan, Indonesia sangat welcome dengan komitmen Apple untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia,” kata Budi Arie. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini