27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    BMKG: Hujan guyur mayoritas kota besar Indonesia pada Senin ini

    Terkait

    PRIORITAS, 22/4/24 (Jakarta): Pada Senin (22/4/24) ini, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika RI memperkirakan cuaca hujan berpotensi mengguyur mayoritas wilayah di Indonesia.

    Berdasarkan pernyataan resmi di laman web Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Senin (22/4/24), diimbau kepada masyarakat di Bengkulu, Jambi, Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin untuk mewaspadai adanya potensi hujan dengan disertai petir pada siang hari ini.

    Kemudian, BMKG memperkirakan hujan dengan intensitas sedang bakal terjadi di Medan dan Yogyakarta, dengan suhu udara berkisar antara 23-33 derajat celsius, dan tingkat kelembapan antara 60-95 persen.

    Sementara hujan ringan diperkirakan terjadi di banyak wilayah di Indonesia, seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Serang, Bandung, Palangkaraya, Kendari, Gorontalo, Manado, Mataram, Ambon, Ternate, dan Manokwari.

    Meski demikian, BMKG juga memperkirakan beberapa daerah tidak diguyur hujan, seperti Semarang, Denpasar, Mamuju, dan Makassar yang diperkirakan berawan.

    Ada yang cerah berawan

    Kemudian, cuaca di beberapa daerah diperkirakan cerah berawan, seperti di Padang, Samarinda, Tarakan, Kupang, dan Jayapura.

    BMKG mengingatkan masyarakat tentang potensi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

    Hal tersebut, salah satunya dipengaruhi oleh Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di wilayah Indonesia, dan kemudian tidak aktif hingga akhir April 2024.

    “MJO aktif berkaitan dengan potensi peningkatan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk wilayah NTB,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB, Cakra Mahasurya. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini