31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    TIM PKB GPIB MENARA IMAN RAIH PIALA BERGILIR TURNAMEN DOMINO GMIM ANTIOKHIA

    Terkait

    Ketua BPMJ GMIM Antiokhia Cibubur, Pdt Dr Djois Rantung, M.Th (kanan) menyerahkan hadiah utama dan Piala Bergilir Turnamen Domino GMIM Antiokhia Cibubur kepada pasangan Juara dari PKB GPIB Menara Iman A, Bambang RW dan Denny Telusa.

    Jakarta, 27/9/22 (SolussiNews.com) – Pasangan pemain domino dari Tim Persekutuan Kaum Bapak Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (PKB-GPIB) Menara Iman A, tampil sebagai Juara 1 Turnamen Domino GMIM Antiokhia Cibubur, Jawa Barat. Menjuarai “papan atas” turnamen, Menara Iman A dengan pasangan pemain Bambang RW dan Denny Telusa, berhak meraih hadiah utama dan Piala Bergilir yang disediakan penyelenggara yaitu PKB Gereja Masehi Injili di Minahasa (GIMIM) Cibubur.

    Pada babak final yang berlangsung Sabtu (24/9) tengah malam tersebut, Menara Iman A menundukkan pasangan GPIB Kinasih A, Hernold F Makawimbang dan Aris V Ticoalu. Turnamen Domino tersebut diadakan sepanjang Sabtu, mulai siang hingga lewat tengah malam, bertempat di Kinasih Resort Depok, Jawa Barat.

    Turnamen Domino GMIM Antiokhia Cibubur ini diprakarsai Forum Komunitas Domino PKB GPIB se-Jabodetabek dan pada tahun 2022 merupakan rangkaian turnamen kelima sejak pertama kali digelar Juni 2022 oleh PKB GPIB Menara Iman Duren Sawit, Jakarta Timur. Setelah itu secara berkala setiap bulan, turnamen diselenggarakan oleh GPIB Petra Tanjung Priok, Jakarta Utara, GPIB Kinasih Pamulang, Tangerang, Banten, dan GPIB Menara Kasih, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat. Menurut informasi, turnamen domino ini sudah mulai digelar sejak lima tahun lalu, tapi karena pandemi Covid-19, turnamen baru dilaksanakan lagi pada 2022.

    Kendati diprakarsai PKB GPIB, turnamen domino ini juga diikuti gereja-gereja dari denominasi lain di luar GPIB seperti GMIM dan GMIST (Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud). “Terbuka juga untuk peserta dari agama nonKristen,” kata Ketua Forum Komunitas Domino se-Jabodetabek, Jopie Rory. “Tujuan utama turnamen domino ini adalah untuk lebih mempererat hubungan sesama anggota PKB GPIB dan gereja lain se-Jabodetabek, bahkan dengan bapak-bapak dari agama nonKristen,” tambah Jopie.

    Sementara bagi GMIM Antiokhia sendiri, selain tujuan utama yang dicanangkan Forum Komunitas Domino, penyelenggaraan turnamen juga bertujuan menghimpun dana untuk pembangunan atau pengadaan gedung gereja. “Ini adalah bagian dari pengumpulan dana oleh Komisi Kerja Pembanguan GMIM Antiokhia Cibubur,” jelas Jemry Matialo, Ketua Komisi Kerja Pembangunan sekaligus Ketua Panitia turnamen domino.

    Di dalam setiap turnamen, panitia penyelenggara wajib mengadakan Ibadah Kaum Bapak. Seperti dalam Turnamen Domino GMIM Antiokhia Cibubur, Sabtu lalu, ibadah diadakan di lokasi turnamen dengan Khadim Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Antiokhia, Pdt Dr Djois Rantung, M.Th, yang juga adalah Ketua BPM Wilayah (BPMW) Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya.

    Turnamen Domino GMIM Antiokhia Cibubur diikuti 96 pasang peserta dari 26 gereja GPIB dan nonGPIB se-Jabodetabek. Hampir semua gereja mengirimkan lebih dari dua pasang peserta. Pada babak penyisihan, para peserta dibagi masing-masing empat pasang per-grup dengan sistem pertandingan setengah kompetisi. Dari hasil pertandingan babak penyisihan, seluruh peserta maju ke babak kedua namun dipisah menjadi “papan atas” dan “papan bawah”. Dua pasangan teratas dari setiap grup di “papan atas”, dan dua terbawah di “papan bawah”.

    Pertandingan pada babak kedua menggunakan sistem gugur sampai tersaring dua finalis pada setiap “papan”. Sesuai aturan yang disepakati, Juara 1 “papan atas” berhak atas sejumlah hadiah utama dan pada Turnamen Domino Antiokhia Cibubur ini disediakan Piala Bergilir yang menurut rencana akan diperebutkan setiap tahun.

    Di bawah Juara 1 dan Juara 2 “papan atas”, Tim PKB GPIB Martin Luther B tampil sebagai Juara 3, Menara Iman E Juara 4, Menara Kasih A Juara 5, Yudea A Juara 6, Kinasih D Juara 7, dan Yudea C Juara 8.

    Pada “papan bawah”, satu-satunya tim peserta nonGPIB yang berhasil tampil sebagai juara adalah salah satu tim GMIM Antiokhia (pasangan Steffen Loindong dan Harris) dengan tampil sebagai Juara 3. Juara 1 direbut GPIB Martin Luther, Juara 2 GPIB Koinonia, dan Juara 4 GPIB Sion.

    Ketua Bidang Pertandingan, Jerry Jalil, mengatakan, menurut rencana, untuk seri keenam turnamen domino Forum Komunitas Domino se-Jabodetabek pada bulan Oktober, akan diadakan oleh PKB GMIST Zaitun Kramat Raya, Jakarta Pusat. (ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini