25.6 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

    Ini dia lima besar investor di RI: Singapura, Hong Kong, Tiongkok, Amerika, Jepang

    Terkait

    PRIORITAS, 30/4/24 (Jakarta): Berdasarkan catatan pihak Badan Koordinasi Penanaman Modal, realisasi investasi pada kuartal I-2024 mencapai Rp401,5 triliun.

    Bagi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), perolehan ini melesat 22,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy) dan naik 9,8 persen secara quarter to quarter/qtq.

    Berbarengan dengan itu, BKPM mencatat, Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp204,4 triliun, naik 15,5 persen (yoy). Sementara itu, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tercatat Rp197,1 triliun atau naik 29,7 persen (yoy).

    Artinya, jumlah investasi dari luar negeri lebih besar dibandingkan dari investor lokal.

    Luar Jawa lebih besar

    Secara rinci, investasi pada kuartal I-2024 dengan masing-masing di luar Jawa sebesar Rp201 triliun atau dengan proporsi 50,1 persen dan di Jawa Rp200,5 triliun dengan proporsi 49,9 persen.

    Sebagai informasi, data realisasi investasi PMA dan PMDN di luar investasi sektor hulu Migas, perbankan, lembaga Keuangan non-bank, asuransi, sewa guna usaha, industri rumah tangga, usaha mikro dan usaha kecil.

    Lima besar asal investor

    Jika dilihat berdasarkan asal investor, setidaknya ada lima negara yang menjadi ‘raja’ investasi di Tanah Air ini.

    Siapa saja?

    Singapura menjadi investor terbesar Indonesia pada kuartal I-2024 dengan nilai investasi mencapai US$4,2 miliar. Sementara posisi selanjutnya diikuti oleh Hong Kong (US$1,89 miliar) dan Tiongkok (US$1,87 miliar).

    Amerika Serikat berada di posisi ke-4 dengan investasi US$1,1 miliar dan Jepang berada di urutan ke-5 dengan investasi US$1 miliar. Demikian CNBC Indonesia. (P-CNBCi/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini