25.2 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    Siloam Hospitals bantu ‘Rapid Test’ Covid-19 untuk 1.000 buruh saat ‘mayday’, Menaker ungkapkan apresiasi

    Terkait

    Jakarta, 2/5/20 (SOLUSSInews.com) – Dalam momentum ‘mayday’, Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah mengapresiasi bantuan RS Siloam berupa tes cepat (rapid test) Covid-19 bagi 1.000 buruh. Bantuan itu diberikan dalam rangka peringatan Hari Buruh 1 Mei (‘Mayday’).

    Dilaporkan, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) mengungkapkan itu seusai penandatanganan nota kesepahanam (MoU) antara Siloam Hospitals Group dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Gedung Kemnaker, Jakarta, Jumat (1/5/20).

    Memorandum of understanding (MOU) kerja sama antara Kemnaker dengan Siloam ditandatangani oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Hubungan Industrial Kemenaker Aswansyah serta Wakil Presiden Direktur Siloam International Hospitals Tbk, Caroline Riady. Selain Menaker, acara ini disaksikan Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan James Riady.

    “Kami atas nama pemerintah mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional (Mayday). Semoga dapat memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, dan meningkatkan ketahanan sosial,” tambah Menaker.

    Untuk pekerja dan buruh

    RS Siloam menyumbang 1.000 rapid test Covid-19 untuk pekerja dan buruh. Selanjutnya, dilakukan tes cepat terhadap 1.000 pekerja dan buruh itu terbagi dalam empat gelombang di Gedung Serba Guna, Kemnaker.

    Sehubungan dengan peringatan Mayday tahun 2020, yang saat ini bertepatan dengan meluasnya pandemi Covid-19, Kemnaker bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya pimpinan serikat pekerja/serikat buruh dalam mengedepankan kegiatan-kegiatan bersifat konstruktif.

    Saat ini, penyebaran Covid-19 dengan jumlah kasus atau jumlah kematian telah meningkat dan meluas di berbagai wilayah serta lintas negara. Hal itu berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

    Dalam konteks ketenagakerjaan, terdapat beberapa dampak yang dirasakan, antara lain meningkatnya jumlah pekerja/buruh yang dirumahkan atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat kesulitan ekonomi yang dihadapi perusahaan.

    Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 makin meluas, Kemnaker bekerja sama dengan RS Siloam melakukan tes cepat bagi pekerja atau buruh. Pelaksanaan dilakukan dengan mematuhi ketentuan dan protokol pencegahan Covid-19.

    Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya mengatakan, dia memberi rasa hormat terhadap gerakan dan aksi kolektif pekerja dan buruh di seluruh dunia, terutama di Indonesia dalam membangun negara dan ekonomi nasional.

    “Merekalah fondasi dasar bagi dinamika masyarakat yang membawa prestasi sosial dan ekonomi nasional. Kontribusi mereka terhadap kekuatan dan kemakmuran bangsa Indonesia harus kita semua hormati dan apresiasi,” katanya

    Apresiasi terhadap tenaga kesehatan

    Sementara itu, Caroline Riady juga turut mengucapkan selamat Hari Buruh kepada pekerja dan buruh.

    Dia mengapresiasi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan melayani dengan keberanian saat pandemi Covid-19.

    “Kami senang bisa berpartisipasi dan ikut meringankan beban para pekerja dan buruh dengan menyatakan kepedulian kami,” kata Caroline Riady. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini