27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Respons Presiden Jokowi soal ide ‘Presidential Club’

    Terkait

    PRIORITAS, 4/5/204 (Jakarta): Jokowi buka suara soal ide Prabowo yang ingin membuat ‘presidential club’. Jokowi menilai gagasan Prabowo itu bagus. “Bagus, bagus,” ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/24). Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal ‘presidential club’.

    Kemudian, Jokowi ditanya pendapatnya bila pertemuan ‘presidential club’ digelar seminggu sekali. Jokowi lalu berkalar ia mengusulkan pertemuan ‘presidential club’ dua hari sekali. “Ya dua hari sekali ya nggak apa-apa,” jelas Jokowi sambil tertawa.

    Jokowi tak masalah bila Prabowo ingin meminta saran kepadanya soal kabinet. Meski begitu, Jokowi menekankan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden terpilih. “Kabinet itu adalah 100 persen hak prerogatif presiden. Kalau usul usul boleh, tapi itu hak penuh presiden terpilih,” ucap Jokowi.

    Dikutip detikcom, awalnya ide terkait ‘Presidential Club’ itu diutarakan oleh Juru Bicara (Jubir) dari Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil pun menjelaskan maksud dari ‘Presidential Club’.

    “Presidential Club itu istilah saya saja, bukan institusi. Esensinya Pak Prabowo ingin para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan. Sehingga terjaga silaturahim kebangsaannya dan menjadi teladan bagi kita semua,” ujar Dahnil kepada wartawan, Jumat (3/5/24).

    Dahnil mengatakan perkumpulan itu bakal berisikan para presiden Indonesia terdahulu. Harapannya, perkumpulan itu bisa menunjukkan bahwa pemimpin bangsa Indonesia kompak, rukun, dan guyub.

    “Ya, semua mantan presiden kita yang masih ada. Pak Prabowo berharap, sebagai bangsa besar para pemimpinnya kompak, rukun, guyub memikirkan dan bekerja untuk kepentingan rakyat banyak, terlepas dari perbedaan pandangan politik dan sikap politik,” jelasnya. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini