27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Peringatan BMKG, potensi cuaca ekstrem masih mengintai di peralihan musim

    Terkait

    PRIORITAS, 27/4/24 (Jakarta): Ada perkiraan, potensi cuaca ekstrem masih mengintai pada periode peralihan musim hujan ke kemarau.

    Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan, sekitar 63 persen wilayah zona musim diprediksi mengalami awal musim kemarau pada Mei hingga Agustus 2024.

    “Untuk saat ini pada periode pertengahan April, beberapa wilayah masih cukup basah dan terjadi hujan,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto pada keterangannya Sabtu (27/4/24), sebagaimana dilansir BeritaSatu.com.

    Disebutkan, sejumlah wilayah masih terjadi hujan intensitas sangat lebat hingga ekstrem sejak 22 April 2024 di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain Luwu Utara (Sulawesi Selatan), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Kapuas Hulu (Kalimantan Barat), dan Tanjung Perak Surabaya (Jawa Timur).

    Dalam sepekan ke depan, menurutnya, potensi peningkatan curah hujan terjadi di sebagian besar Sumatera, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku dan sebagian besar Papua.

    April periode peralihan

    Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhani menjelaskan, April merupakan periode peralihan dari musim hujan ke kemarau di sebagian besar wilayah di Indonesia.
    Karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti  hujan lebat dalam durasi singkat disertai kilat dan angin kencang, hingga fenomena hujan es.
    Salah satu ciri masa peralihan musim adalah pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari dengan didahului udara hangat dan terik pada pagi hingga siang hari. (P-BS/jr) — foto ilistrasi istimewa
    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini