27.8 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Peningkatan ketegangan terjadi di Timur Tengah, Menlu AS dan China berbicara via telepon

    Terkait

    PRIORITAS, 13/4/24 (Beijing): Ketegangan terus meningkat antara Israel vs Iran, begitu pula situasi pelik akibat konflik Gaza. Dan hal ini mengundang berbagai kalangan internasional menaruh atensi serius.

    Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken pun berkomunikasi melalui telepon untuk mendiskusikan situasi terkini di Timur Tengah tersebut.

    “Pada Kamis, 11 April, Menteri Wang Yi menerima panggilan dari Menteri Blinken atas permintaan Amerika Serikat. Menteri Blinken menyampaikan pandangan Amerika Serikat mengenai situasi di Timur Tengah,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, dalam konferensi pers di Beijing pada Jumat (12/4/24) kemarin.

    Mao Ning menyebutkan, Wang Yi mengecam keras serangan terhadap Konsulat Iran di Suriah. Wang Yi menekankan pentingnya keamanan misi diplomatik dan menghormati kedaulatan Iran dan Suriah.

    Akibat konflik Gaza

    Wang Yi juga mengidentifikasi eskalasi konflik di Timur Tengah sebagai akibat dari konflik di Gaza. China menyerukan penerapan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2728, implementasi gencatan senjata, dan penyelesaian krisis kemanusiaan.

    “China berkomitmen untuk berperan aktif dalam menyelesaikan masalah di Timur Tengah dan membantu meredakan ketegangan,” kata Mao Ning.

    Konflik di Timur Tengah memburuk sejak Oktober 2023, dengan Israel dan Hamas terlibat dalam serangkaian serangan yang mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan massal. Situasi ini diperparah oleh serangan Israel terhadap konsulat Iran di Suriah pada 1 April.

    Israel-Iran saling ancam

    Tegangnya hubungan antara Israel dan Iran meningkat, dengan kedua pihak saling mengancam. Penasihat militer utama Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan tidak ada kedutaan Israel yang aman. Israel pun menutup 28 misi diplomatik di Asia Timur sebagai langkah antisipasi.

    Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menyatakan, Israel akan merespons secara langsung jika Iran melancarkan serangan dari wilayahnya. Demikian BeritaSatu.com. (P-BS/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini