27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Pemerintahan Biden pertimbangkan bawa sejumlah warga Palestina ke AS sebagai pengungsi

    Terkait

    PRIORITAS, 1/5/24 (Washington): Langkah kemanusiaan terkait warga Palestina di Gaza sedang dalam pertimbangan pihak Amerika Serikat.

    Sebagaimana dilaporkan CBS News pada Selasa waktu setempat atau Rabu (1/5/24) WIB, melaporkan, pemerintahan Joe Biden mempertimbangkan membawa sejumlah warga Palestina dari Jalur Gaza ke Amerika Serikat (AS) sebagai pengungsi.

    Dalam laporan tersebut disebutkan, para pejabat senior di beberapa lembaga federal AS telah membahas kepraktisan berbagai pilihan untuk memukimkan kembali warga Palestina dari Gaza yang memiliki anggota keluarga dekat warga negara Amerika atau penduduk tetap. Demikian laporan itu mengutip dokumen internal pemerintah federal, sebagaimana dilansir ANTARA.

    Program Penerimaan Pengungsi Amerika Serikat

    Berdasarkan laporan tersebut, salah satu idenya ialah menggunakan Program Penerimaan Pengungsi Amerika Serikat untuk memberikan status pengungsi kepada mereka yang berhasil melarikan diri dari Gaza ke Mesir.

    Bekerja sama dengan Mesir kemungkinan diperlukan untuk menambah jumlah warga Palestina yang keluar dari Gaza dan memroses mereka sebagai pengungsi jika memiliki kerabat Amerika, demikian laporan tersebut.

    Israel telah melancarkan serangan tanpa henti di Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan sekitar 1.200 orang Israel.

    Akibat serangan tersebut, lebih dari 34.500 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan ribuan lainnya terluka akibat kehancuran massal serta kekurangan kebutuhan pokok.

    Lebih dari enam bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur, memaksa 85 persen penduduk daerah kantong itu mengungsi di tengah blokade makanan, air bersih dan obat-obatan yang melumpuhkan, menurut PBB.

    Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin, bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini