28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Orasi Ilmiah Prof Dr Dokter Terawan Agus Putranto: Vaksin Nusantara, titik terang dalam perang lawan Covid-19 bagi dunia, akan selamatkan banyak nyawa masyarakat Indonesia

    Terkait

    Jakarta, 12/1/22 (SOLUSSInews.com) – Letjen TNI P Terawan Agus Putranto, mantan Menteri Kesehatan RI, mengatakan, kehadiran Vaksin Nusantara menjadi titik terang dalam peperangan melawan pandemi Covid-19 bagi dunia, khususnya Indonesia.

    Hal ini disampaikan oleh Terawan dalam orasi ilmiah saat dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan atau Guru Besar Tidak Tetap Ilmu Pertahanan Bidang Kedokteran Militer, Fakultas Kedokteran Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), di Kampus Bela Negara, Sentul, Jawa Barat, Rabu (12/1/21).

    Sejumlah orang penting hadir dalam sidang tersebut, di antaranya mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

    Disebutnya, Vaksin Nusantara hadir di waktu yang tepat sebagai solusi untuk keluar dari permasalahan pandemi Covid-19. Keberhasilan pembuatan Vaksin Nusantara akan berkontribusi dalam menyelamatkan banyak nyawa masyarakat Indonesia.

    “Keberhasilan ini juga menjadi kebanggan kita bersama, sebagai vaksin yang dibuat di dalam negeri,” ujarnya.

    Bisa untuk pengobatan kanker

    Terawan menyebutkan, Vaksin Nusantara dikembangkan berbasis sel dendritik merupakan salah satu metode vaksin tergolong baru dikembangkan. Vaksin Nusantara terbuat berasal dari tubuh sendiri, sehingga efek sampingnya minimal.

    Efikasi vaksin berbasis sel dendritik ini sebagai pemicu meningkatkan imunitas yang dikembangkan sebagai imunoterapi pada pengobatan seperti kanker.

    Letjen TNI P Prof Dr Dokter Terawan Agus Putranto menegaskan, dari penelitian tersebut, sel dendritik dapat memicu respons imun sel seluler dan metode tersebut aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berat. (S-BS/jr — foto ilustrasi istimewa)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini