27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Masih pagi Gunung Ruang semburkan asap putih kelabu setinggi 200 meter

    Terkait

    PRIORITAS, 3/5/24 (Manado): Sekitar oukul 06.28 Wita Rabu (3/5/24) tadi, Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, menyemburkan asap putih kelabu setinggi 200 meter dari pusat kawah. Status gunung tetsp pada level IV ateu awas.

    Karena itu, diingatkan semua warga untuk tetap waspada, dan diminta  menjauhi lokasi, bahkan bersedia direlokasi ke wilayah lain.

    Dari Jakarta dilaporkan, Pemerintah berencana merelokasi sekitar 300 kepala keluarga yang terdampak erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, ke wilayah yang dinilai lebih aman dari dampak erupsi gunung tersebut.

    “Dan direlokasi ini tadi sudah ada kesepakatan untuk kesepakatan informal, bahwa untuk wilayah yang ada di akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Karena itu ada sekitar 300 KK yang harus direlokasi,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (2/5/24) kemarin.

    Gunung api bertipe strato

    Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya masih menyematkan status level IV atau awas bagi gunung api bertipe strato itu, meski aktivitas vulkanik dan kegempaan.

    “Visual Gunung Ruang tanggal 3 Mei 2024, pukul 06.28 Wita, asap putih kelabu bertekanan lemah dengan tinggi 200 meter,” ujarnya di Jakarta, Jumat (3/5/24).

    Tercatat, pada hari ini pukul 00.00 hingga 06.00 Wita, jumlah gempa vulkanik dangkal sebanyak 5 kali, gempa vulkanik dalam hanya 1 kali, gempa tektonik jauh ada 2 kali, dan tidak ada aktivitas erupsi.

    Pada Kamis (2/5/24), BeritaSatu mengungkapkan data kegempaan yang tercatat stasiun seismik Taliwang 1 kali gempa letusan, 29 kali gempa vulkanik dangkal, 5 kali gempa vulkanik dalam, 2 kali gempa tektonik lokal, 10 kali gempa tektonik jauh, dan 1 kali gempa tremor menerus.

    Dievakuasi ke tempat aman

    PVMBG meminta penduduk di sekitar Gunung Ruang untuk tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

    Sementara itu, penduduk yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius enam kilometer.

    Kemudian, penduduk di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut atau runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

    Gunung Ruang diamati secara visual dan instrumental dari pos pengamatan gunung api yang berlokasi di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

    Sebelum kejadian erupsi pada 2024, Gunung Ruang pernah mengalami erupsi yang terjadi pada 2002. Kala itu Gunung Ruang mengalami erupsi eksplosif yang disertai awan panas dan mengakibatkan kerusakan lahan dan permukiman serta mengharuskan pengungsian penduduk.

    Ditangani Kementerian PUPR

    Sementara itu di Jakarta, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, relokasi 300 KK ini akan ditangani langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara untuk relokasi skala kecil akan ditangani langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    BNPB, kata dia, akan segera melakukan pendataan terhadap pemukiman yang terdampak secara by name by address. Sesudah mendapat kepastian data, Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah akan menetapkan rehabilitasi dan rekonstruksinya.

    “Kalau dipandang aman, tinggal akan ada perbaikan-perbaikan, baik perbaikan rusak ringan, sedang, sampai berat dan itu sudah ada skema pembiayaannya, atau (nanti) direlokasi,” kata dia, seperti dikutip ANTARA.

    Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan telah menyiapkan skenario mengenai tempat relokasi di antaranya Manado dan Minahasa Utara sesuai rekomendasi pemerintah provinsi.

    “Insya Allah bisa kami lakukan sebagaimana dulu juga pernah kami ditugaskan untuk Lumajang itu 2.000 rumah selesai dalam 4-5 bulan,” kata dia.

    Ia berharap kepastian relokasi ini dapat mengurangi kecemasan para korban bencana. “Dan mereka bisa hidup lebih layak sesegera mungkin,” kata Mohammad Zainal Fatah. (P-BS/ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini