29 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Lunas !!! Sri Mulyani: Indonesia sudah tidak punya utang ke IMF

    Terkait

    Jakarta, 5/7/23 (SOLUSSInews.com) – Perekonomian Indonesia terbukti semakin tangguh di tengah goncangan ekonomi dunia yang membuat banyak negara goyah. Sebab, di saat banyak negara itu menjadi ‘pasien’ IMF, Indonesia sebaliknya sudah melunasi utangnya ke lembaga moneter dunia tersebut.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sendiri yang memastikan, Indonesia sudah tidak memiliki utang ke (International Monetary Fund/IMF). Utang yang berkaitan dengan IMF disebut sudah diselesaikan sejak lama.

    Bendahara negara menjelaskan, pemerintah sempat mendapatkan pinjaman secara bertahap dari IMF ketika Indonesia dilanda krisis moneter, tepatnya pada periode 1997-1998 dan periode awal 2000-an. Akan tetapi, utang tersebut seluruhnya telah dilunasi.

    “Lama banget (utang Indonesia ke IMF) itu, kan IMF program tahun berapa itu 1997-1998, 2000 awal, dan itu sudah dilunasi semua,” katanya, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (4/7/23) kemarin.

    Kenapa tiba-tiba muncul?

    Sri Mulyani justru mengaku bingung mengapa permasalahan utang Indonesia ke IMF kembali muncul. Pasalnya, utang tersebut sudah diselesaikan lebih dari 15 tahun lalu.

    “Memang sudah lama sekali, kok kenapa sekarang tiba-tiba muncul?,” ujarnya.

    Lebih lanjut ia menyebutkan, permasalahan utang ke IMF tidak berkaitan dengan berbagai rekomendasi yang disampaikan ke pemerintah, salah satunya pencabutan secara bertahap larangan ekspor nikel.

    Disebutnya, IMF memiliki hak untuk menyampaikan rekomendasi, namun pemerintah tetap memiliki sikap sendiri. “IMF boleh punya pandangan, itu namanya article IV mereka, Indonesia punya kebijakan yang tujuannya perkuat struktur industri kita,” ujarnya.

    Permasalahan utang Indonesia ke IMF sebelumnya sempat disinggung oleh Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Hal itu ia sampaikan ketika merespons rekomendasi pencabutan larangan ekspor nikel.

    Sebagai informasi, berdasarkan catatan Kompas.com, Indonesia sempat memiliki utang 9,1 miliar dollar AS dari IMF di tahun 1998 atau saat negara ini dilanda krisis moneter hebat.  (S-KC/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini