27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Laga ‘playoff’ NBA mulai panas, Doncic-Irving bawa Mavericks samakan kedudukan 1-1 atas Clippers, Lakers kalah

    Terkait

    PRIORITAS, 24/4/24 (Los Angeles): Memasuki gim kedua, laga playoff NBA mulai panas. Duo bintang Dallas Mavericks Luka Doncic dan Kyrie Irving berhasil membawa timnya menyamakan kedudukan 1-1 atas Los Angeles Clippers pada babak playoff NBA Wilayah Barat yang digelar di Crypto.com Arena Los Angeles, Rabu (24/4/24) WIB.

    Mavericks mengalahkan Clippers 96-93 dalam gim kedua, setelah sebelumnya duo bintang Dallas tersebut tidak cukup mampu menggendong timnya untuk menang.

    Sementara itu, permainan bertahan yang ditunjukkan oleh Minnesota Timberwolves sukses membawanya pada kemenangan 105-93 atas Phoenix Suns dalam laga kedua playoff NBA Wilayah Barat di Target Center Minneapolis Minnesota.

    Selanjutnya, Indiana Pacers menyamakan kedudukan seri playoff NBA Wilayah Timur menjadi 1-1 usai menundukkan Milwaukee Bucks 125-108 pada gim kedua di Fiserv Forum Milwaukee Winconsin, Rabu WIB.

    Sebelumnya, bintang Denver Nuggets Jamal Murray membawa timnya unggul 2-0 pada playoff Wilayah Barat atas Los Angeles Lakers lewat buzzer beater (poin yang dicetak tepat saat waktu habis) untuk mengakhiri laga 101-99 di Ball Arena Denver Colorado pada Selasa (23/4/24).

    Doncic mencetak 32 poin

    Menghadapi laga seru lawan tuan rumah, Doncic mencetak 32 poin, dan Irving menambahkan 23 poin untuk Mavs yang kali ini dibantu oleh skor dari PJ Washington 18 poin, serta Derrick Jones Jr 10 poin.

    “Jelas ini adalah kemenangan yang harus dimenangkan dan semua orang sudah terlibat,” kata P.J. Washington Jr. seperti dikutip dari laman resmi NBA.

    Penampilan Washington Jr. lebih baik pada pertandingan ini dibandingkan pada gim pertama, di mana dia hanya mencetak 10 poin, dan tak ada pemain Mavericks lainnya yang mencetak skor lebih dari itu.

    Kawhi Leonard dari Clippers mencetak 15 poin dan 7 rebound dalam 35 menit waktu bermain pada pertandingan pertamanya sejak 31 Maret. Dia tidak bermain atau melakukan latihan kontak apa pun selama absennya karena harus bermasalah pada peradangan lutut kanannya, dan telah menjalani operasi.

    “Saya merasa baik,” kata Leonard. “Kami masih memiliki lebih banyak pertandingan untuk dimainkan dan lebih banyak waktu untuk menjadi lebih baik. Teruslah berusaha mendapatkan ritme kembali,” katanya lagi.

    Paul George dan James Harden memimpin Clippers dengan masing-masing 22 poin. Ivica Zubac menyumbang 13 poin dan 12 rebound. Clipper memiliki akurasi tembakan 37 persen dalam permainan terbuka, dan hanya membuat 8 dari 30 lemparan tiga angka.

    Kawhi Leonard yang kesulitan di awal laga tampak mulai bangkit setelah turun minum dan lebih aktif bermain bertahan. “Kawhi adalah salah satu yang terbaik di dunia,” kata George. “Dia akan menemukan ritmenya dan kami akan menemukan ritme kami di sekelilingnya,” katanya lagi.

    Pertandingan ketiga antara Mavericks melawan Clippers akan berpindah ke Dallas Texas pada hari Sabtu (27/4/24).

    Unggul dua gim

    Sementara itu, kemenangan Minnesota Timberwolves atas Phoenix Suns ini sekaligus membawa tim peringkat tiga klasemen akhir Wilayah Barat tersebut unggul 2-0 dari rangkaian tujuh pertandingan yang akan dijalani oleh kedua tim.

    Jaden McDaniels mencetak 25 poin yang menjadi skor tertingginya sepanjang karier di babak playoff. Mike Conley, dan Rudy Gobert masing-masing menyumbang 18 poin bagi Wolves di saat pemain depan mereka Anthony Edwards dijaga ketat oleh Suns.

    Edwards hanya bisa mencetak 15 poin, memasukan hanya 3 bola dari total 12 tembakannya pada laga ini. Setelah sebelumnya Edwards mencetak 33 poin di laga pertama.

    “Semua orang dalam daftar skuad telah menunjukkan bahwa mereka bersedia melakukan apa pun untuk mengorbankan apa pun demi tim,” kata Karl-Anthony Towns seperti dikutip dari laman resmi NBA. Towns juga hanya mencetak 12 poin pada laga ini.

    Tidak hanya para pemain Timberwolves yang ditahan untuk mencetak angka, para bintang Suns juga terbatas dalam hal membuat skor. Poin tertinggi Suns dicetak oleh Devin Booker dengan hanya 20 poin, pemain veteran Kevin Durant menambah 18 poin, pemain cadangan Eric Gordon menyumbang 15 poin untuk Suns.

    “Ketika mereka mencetak gol ke arah kami dan kami tidak melakukan penyelamatan yang tepat, kami tidak bisa tidak mengatur serangan,” kata pelatih Suns Frank Vogel. “Kami memiliki terlalu banyak harta benda seperti itu.”

    Trio pemain bintang Suns, Devin Booker, Kevin Durant, dan Bradley Beal hanya bisa mengumpulkan 52 poin, mencetak angka lewat 18 tembakan berhasil dari total 45 upaya yang dilakukan. Jaden McDaniels adalah pemain yang paling banyak merepotkan trio bintang Suns tersebut dalam menembak.

    “Tidak ada seorang pun yang suka melawan tipe pertahanan yang kami mainkan saat ini,” kata pemain center Timberwolves Rudy Gobert.

    Selanjutnya, kedua tim akan bertemu lagi di gim ketiga pada hari Sabtu (27/4/24) di markas Phoenix Suns.

    Samajen kedudukan

    Selanjutnya, Indiana Pacers menyamakan kedudukan seri playoff NBA Wilayah Timur menjadi 1-1 usai menundukkan Milwaukee Bucks 125-108 pada gim kedua di Fiserv Forum Milwaukee Winconsin, Rabu WIB.

    Pascal Siakam mencetak 37 poin untuk membantu Pacers mengatasi penampilan fantastis Damian Lillard di babak pertama.

    “Kami harus menjadi tim yang lapar,” kata Siakam seperti dikutip dari laman resmi NBA. “Kami harus menjadi tim yang datang dan ingin menunjukkan sesuatu. Itulah sikap yang harus kami miliki terhadap mereka, karena mereka adalah tim yang kuat,” katanya lagi.

    Pacers memiliki keinginan kuat untuk menghentikan 10 kekalahan beruntun di babak playoff yang dimulai sejak kalah di gim 7 dari Cleveland Cavliers pada seri putaran pertama Playoff NBA 2018.

    Indiana Pacer mengakuisisi Pascal Siakam pada bulan Januari lalu, mengingat pengalamannya sebagai mantan pemain yang menjadi juara NBA 2019, Toronto Raptors. Siakam melanjutkan permainan bagusnya sejak gim pertama yang mencetak 36 poin. Pada laga ini dia menambahkan 11 rebound dan 6 assist.

    “Pengalamannya di babak playoff sangat berharga,” kata pelatih Pacers Rick Carlisle.

    “Dia bukan orang yang akan gentar oleh apa pun. Belum pernah sekalipun sejak Januari, sejak kami mendapatkannya. Dia adalah pria yang dipercaya dan dikagumi orang-orang,” katanya lagi.

    Di Milwaukee Bucks, Damian Lillard yang memiliki beban sebagai motor poin timnya untuk menggantikan Giannis Antetokounmpo yang masih absen karena cedera, sekali lagi memberikan kontribusi besar bagi Bucks.

    Pada gim pertama playoff Lillard mencetak 35 poin di paruh pertama pada kemenangan Bucks 109-94 atas Pacers. Kali ini, Lillard mengumpulkan 26 poin pada paruh pertama dan menyelesaikan laga dengan 34 poin.

    Lillard tidak mendapatkan bantuan yang cukup karena Bucks sekali lagi kehilangan peraih MVP dua kali Giannis Antetokounmpo karena cedera betis kiri. Antetokounmpo belum pernah bermain sejak dia cedera dalam kemenangan 9 April atas Boston Celtics di musim reguler.

    Bahkan setelah skor bertubi-tubi dari Lillard di awal pertandingan, Bucks masih tertinggal 60-55 saat turun minum. Indiana tetap unggul sepanjang babak kedua.

    Myles Turner mencetak 22 poin, dan Andrew Nembhard menambahkan 20 untuk Pacers. Tyrese Haliburton juga turut menyumbang 12 poin dan 12 assist.

    Brook Lopez dari Milwaukee Bucks mencetak 22 poin dan menembakkan 6 dari 7 lemparan tiga angka. Khris Middleton mencetak 15 poin, Bobby Portis menyumbang 14 poin dan 11 rebound.

    Laga ketiga akan digelar pada Sabtu (27/4/24) di Indianapolis, Indiana.

    Lakers ketinggalan dua gim

    Sementara itu, Denver Nuggets kini unggul 2-0 pada playoff Wilayah Barat atas Los Angeles Lakers, lewat kemenangan 101-99 pada gim kedua, di Ball Arena Denver Colorado, Selasa.

    Lakers untuk sepuluh kali berturut-turut kalah dari Nuggets, meskipun LeBron James dkk  menguasai laga hampir 48 menit.

    Lakers unggul sejak kuarter pertama sampai unggul dalam selisih 20 poin, namun Nuggets mengejarnya pada kuarter empat dan dikalahkan pada detik terakhir pertandingan.

    Jamal Murray menjadi pahlawan dengan mencetak 6 poin terakhir  Denver, masing-masing dari dua lemparan bebas dan dua tembakan jarak menengah, yang salah satunya buzzer beater.

    Meskipun Murray memulai laga dengan akurasi lemparan 28,6 persen pada kuarter pertama, upaya ‘dunk’-nya diblok LeBron James. Tapi dia membayar tunai kesalahannya pada kuarter empat dengan akurasi tembakan 75,8 persen yang sekaligus menjadi penentu kemenangan timnya.

    “Kami memang tidak unggul 20 poin. Tapi kami terus memangkas jarak,” kata pelatih Denver Nuggets Michael Malone seperti dikutip laman NBA pada Selasa.

    LeBron James menunjukkan permainan kelas teratas pada usia 39 dengan hampir menyentuh triple-double. 

    Dia mencetak 26 poin, terlebih saat Lakers sangat membutuhkan skor, yang ditambah dengan 8 rebound.

    Dia juga memberikan umpan-umpan yang sangat matang bagi rekan-rekannya dengan total 12 assist, selain 2 steal dan 2 kali memblok tembakan Murray.

    Anthony Davis memimpin Lakers dengan 32 poin dan 11 rebound, sedangkan D’Angelo Russell menunjukkan permainan tripoinnya dengan berhasil memasukkan 7 tembakan jarak jauh sehingga total mengkreasi 23 poin dalam laga ini.

    Kandidat MVP NBA 2024 Nikola Jokic memimpin timnya dengan triple double setelah mengemas 27 poin, 20 rebound, dan 10 assist untuk Nuggets. Michael Porter Jr. membuat 22 angka, Jamal Murray 20 poin, dan Aaron Gordon 14 poin.

    Nuggets berhasil memanfaatkan keunggulan bermain di kandang sehingga meraih dua kemenangan. Selanjutnya, Nuggets dan Lakers bertemu kembali di Los Angeles pada Jumat (26/4/24) untuk bersaing lebih dulu meraih empat kemenangan. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini