25.6 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

    Kehadiran Kapolri ciptakan kepuasan mudik Lebaran 2024

    Terkait

    PRIORITAS, 19/5/24 (Jakarta): Ada sebuah hasil riset yang menunjukkan korelasi positif dari kehadiran Kapokri dan jajarannya di lapangan yang berdampak pada kepuasan mudik Lebaran 2024.

    Demikian dipaparkan Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, yang selanjutnya menilai, kepuasan publik tinggi atas penyelenggaraan mudik Lebaran 2024 karena kehadiran Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di lapangan. Sehingga masyarakat merasa negara hadir.

    Dikatakan, yang paling penting kehadiran negara dalam pelaksanaan mudik, kehadiran Kapolri dan seluruh pejabat hingga level paling bawah, mengakibatkan masyarakat semakin yakin, acara mudik semakin lancar karena kehadiran mereka.

    “Negara hadir membuat masyarakat semakin puas dengan adanya pengamanan mudik dari Polri,” kata Rustika dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/5/24) kemarin.

    Riset dan analisis media

    Rustika Herlambang juga mengungkapkan, riset Indonesia Indicator yang didasari hasil analisis media menunjukkan ada upaya-upaya pihak kepolisian untuk menyukseskan mudik Lebaran.

    Selain itu, dia juga menilai strategi komunikasi yang dilakukan Polri sudah cukup baik. Strategi yang dibangun oleh Polri menggunakan model propaganda putih.

    “Strategi komunikasi yang smart, humanis, ada pendekatan kultural dan humble,” ucapnya.

    Dia pun mengatakan pihak kepolisian menggunakan sumber-sumber yang akurat sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan ketika ada kemacetan.

    Semakin kreatif dalam memberikan informasi

    Selain itu, kata dia, Polri semakin kreatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan mudik menggunakan berbagai platform dan mengemasnya dengan bahasa yang ringan.

    “Seluruh pilihan diserahkan kepada masyarakat, cukup menarik dari Polri, juga sangat cepat merespons keluhan dengan memberikan solusi atau tip terkait dengan mudik,” katanya.

    Ia menambahkan, Polri mampu berkolaborasi menggandeng influencer, dan stakeholders seperti Kementerian Perhubungan, TNI, pemerintah daerah, dan media lokal sehingga membuat informasi terkait mudik diterima seluruh elemen.

    Disebut dia, Polri juga semakin berdaya karena menggunakan platform teknologi digital, mulai dari aplikasi, hingga situs web yang bisa menjadi jembatan komunikasi mengenai kondisi lalu lintas, cuaca, dan tip mudik.

    “Masyarakat bisa memahami dan tahu secara real time apa sih yang terjadi dengan mudik,” ujarnya.

    Rustika Herlambang pun menyampaikan apresiasi atas langkah yang telah dilakukan Polri sehingga masyarakat Indonesia merasa puas dengan penyelenggaraan mudik Lebaran 2024.

    “Selamat untuk Polri,” kata Rustika Herlambang. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini