28.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Kantor LBH-YLBHI Dilalap Sijago Merah, Sisakan Puing-puing

    Terkait

    PRIORITAS, 8/4/24, (Jakarta): Gedung LBH-YLBHI di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat dilalap api pada Minggu (7/4/2024) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Pemadam kebakaran pun telah berhasil memadamkan api yang berasal dari lantai 2 kantor tersebut.

    Seorang saksi mata Wasiatun (Pemilik warung pecel lele di depan kantor LBH) mengungkapkan, ia mendengar 3 kali suara ledakan keras dan percikan api yang diduga berasal dari AC lantai 2 gedung YLBHI.

    “Pada hari Minggu, 7 April 2024, sekitar pukul 22.00 WIB kantor LBH YLBHI terbakar, belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Info dari seorang saksi, Wasiatun (Pemilik warung pecel lele di depan kantor LBH) mengungkapkan, ia mendengar 3 kali suara ledakan keras dan percikan api yang diduga berasal dari AC lantai 2 gedung YLBHI,” kata Ketua YLBHI Muhammad Isnur lewat keterangan tertulis, Minggu (7/4/2024).

    Berdasarkan foto yang diposting Instagram @yayasanlbhindonesia seperti dilihat detikcom, Senin (8/4/2024), tampak kondisi kantor tersebut tanpa listrik. Selain itu, terlihat lantai 2 kantor gosong usai dilalap api.

    Selain itu, kaca-kaca kantor itu juga terlihat pecah. Pihak LBH-YLBHI pun memastikan api memang sempat membakar lantai 2 dan lantai 3 kantor tersebut. “Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran ini. Ruang yang terbakar ada di sebagian lantai 2 dan lantai 3,” tulis yayasanlbhindonesia.

    Untuk diketahui, Kebakaran diduga berasal dari lantai 2 bangunan tersebut. Informasi kebakaran ini disampaikan oleh pengurus YLBHI Muhamad Isnur. Dia menyebut ada 6 unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi. Kebakaran pun sempat merambat hingga ke lantai 3 gedung tersebut.

    “Dari ledakan ini kemudian muncul kobaran api yang langsung menjalar ke lantai 2 dan 3 gedung. Sekitar pukul 22.15, 6 unit mobil pemadam kebakaran datang dan berupaya memadamkan api. Saat ini kobaran api sudah dapat dipadamkan namun masih dalam proses pemantauan petugas damkar agar api tidak menjalar,” ucapnya.

    Kronologi Kebakaran
    Kebakaran terjadi di kantor LBH-YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat berawal dari ledakan keras yang terjadi sebanyak 3 kali sebelum akhirnya menyebabkan percikan yang berujung pada kebakaran.

    Berdasarkan penjelasan pihak damkar lewat postingannya di akun Instagram @humasjakfire, dilihat detikcom, Senin (8/4/2024), kebakaran berawal dari adanya 3 kali ledakan yang terdengar dari lantai 2 kantor tersebut. Kemudian, ledakan diikuti dengan munculnya percikan api.

    “Dari ledakan tersebut kemudian muncul kobaran api yang merabat ke lantai 2 dan 3 gedung. Setelah itu, Ia segera menghubungi #PemadamJakarta untuk membantu memadamkan api,” tulis humasjakfire.

    Kemudian, warga sekitar melaporkan kebakaran itu ke pihak damkar Minggu (7/4). Pihak damkar pun mulai memadamkan api sekira pukul 22.26 WIB malam. Lalu, hanya butuh waktu 4 menit, damkar berhasil melokalisir perambatan api. Baru sekitar pukul 22.54 WIB api bisa dipadamkan dan masuk pada proses pendinginan.

    “Proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api ataupun asap,” lanjut keterangan damkar.

    Kemudian, baru sekitar pukul 23.58 WIB, api benar-benar dinyatakan padam. Total ada 10 unit damkar yang dikerahkan ke lokasi beserta 40 personel damkar. “Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran akibat korselting listrik,” imbuhnya.

    1 Petugas Damkar Meninggal
    Kebakaran terjadi di kantor LBH-YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat yang hanya menimbulkan kerugian materi terebut, sempat mengakibatkan seorang petugas meninggal dunia. Pihak damkar melaporkan ternyata salah satu petugas damkar meninggal dunia usai memadamkan kebakaran.

    “Segenap keluarga besar Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mengucapkan turut berbelasungkawa atas wafatnya Samsul Triatmoko selaku Satgas Gulkarmat Kelurahan Johar Baru, Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat pada Senin, 8 April 2024,” tulis humasjakfire di akun Instagramnya seperti dilihat detikcom, Senin (8/4).

    Samsul Triatmoko disebut meninggal dunia usai operasi pemadaman kantor LBH-YLBHI. Namun, belum ada informasi apakah yang bersangkutan meninggal dunia karena kebakaran tersebut atau tidak.

    “Beliau gugur setelah menyelesaikan operasi pemadaman di Jalan Diponegoro, Kel. Pegangsaan, Kec. Menteng, Jakarta Pusat pada malam lalu (7/4). Semoga amal dan ibadah beliau diterima Allah SWT serta keluarga yang ditinggal dapat diberikan ketabahan,” lanjut humasjakfire. (P-DTC/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini