26.4 C
Jakarta
Wednesday, July 24, 2024

    Bisnis Kopi Menjanjikan, Ini Alasannya

    Terkait

    PRIORITAS, 11/4/2024 (Jakarta): Kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup manusia. Dari sarapan pagi, sekedar nongkrong, hingga pertemuan bisnis yang penting, kopi telah mengintegrasikan dirinya ke dalam rutinitas sehari-hari banyak orang di seluruh dunia. Tidak mengherankan jika bisnis kopi memiliki potensi yang sangat besar.

    Dikutip dari kompas.com, yang berhasil menggali sejumlah alasan dari pemilik kopi ternama bernama Kopi Tjap Teko di Bogor, Jawa Barat, Agus Sudardji (57) dan Jo Nicholas Agus (23). Mereka sudah menekuni bisnis kopi itu telah turun temurun. Dilestarikan sudah tiga generasi tanpa terputus.

    Mereka menjelaskan, bahwa salah satu alasan terus dilanjutkannya bisnis kopi itu adalah karena peluang bisnis kopi yang selalu tinggi, walau zaman terus berubah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa peluang bisnis kopi sangat menjanjikan, yang dijelaskan oleh Sudardji dan Nicholas:

    Kopi Tidak Musiman
    Selama tiga generasi, dimulai dari tahun 1960-an, Kopi Tjap Teko Bogor terus diminati. Penyuka kopi akan selalu ada di setiap zaman. Kopi berbeda dengan cromboloni, croffle, atau F&b lainnya. Bisnis kopi akan selalu berjalan saat manusia masih ada di bumi ini. Hal itu dikarenakan kopi sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

    Kopi Selalu Mengikuti Inovasi Baru
    Kopi adalah salah satu yang jika dikombinasikan atau dipadukan dengan yang lain, akan selalu menghasilkan rasa yang enak. Perhatikan rasa-rasa inovasi kopi yang saat ini beredar. Itu membuktikan bahwa kopi bisa mengalir mengikuti inovasi yang baru. Sebagai contoh adalah kopi gula aren, tren ini dimulai pada tahun 2015. Kopi gula aren menjadi favorit orang.

    Selain itu ada kopi rasa klepon, dan masih banyak lagi. Hal itu menunjukkan bahwa kopi akan selalu bisa mengikuti inovasi atau selalu ada inovasi di dalam dunia kopi.

    Kopi Merupakan Kebutuhan
    Di kehidupan yang serba cepat dan dinamis ini, kopi sudah menjadi kebutuhan atau habit bagi banyak orang. Bangun di pagi hari mereka membutuhkan kopi agar tidak mengantuk saat bekerja. Saat makan pun mereka memilih kopi untuk minumannya.
    Pelajar yang ingin belajar atau mengerjakan tugas di malam hari, mereka akan meminum kopi agar bisa begadang dan tidak ngantuk. Di manapun dan kapanpun orang bisa mengopi, apalagi bagi mereka yang telah kecanduan. Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan kecanduan. Mereka tidak bisa hidup tanpa kopi, karena sudah menjadi kebutuhannya.

    Permintaan Selalu Stabil
    Kopi merupakan salah satu komoditas paling diperdagangkan di dunia. Permintaannya stabil dan bahkan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Minuman ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup banyak orang di seluruh dunia, tidak hanya sebagai penyemangat, tetapi juga sebagai gaya dan budaya.
    Permintaan yang konstan dan terus berkembang menjadikan bisnis kopi memiliki pangsa pasar yang besar dan stabil. Tak hanya pada penyajian kopi seperti kafe, tetapi petani kopi atau bagian produksi biji kopi juga akan memiliki peluang yang besar. Selamat mencoba. (P-KPS/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini