33.6 C
Jakarta
Friday, October 18, 2024

    Pielieshenko, atlet angkat besi Olimpiade tewas di perang Ukraina

    Terkait

    PRIORITAS, 7/5/24 (Jakarta) : Atlet angkat besi asal Ukraina yang jadi juara Eropa ganda bernama Oleksandr Pielieshenko tewas dalam perang melawan Rusia. Diketahui, Pielieshenko (30) bergabung dengan tentara Ukraina pada Februari 2022 di awal invasi Rusia.

    Pielieshenko merupakan atlet Olimpiade pertama yang tewas dalam perang di Ukraina. Atlet angkat besi Oleksandr Pielieshenko, yang menempati posisi keempat dalam kategori kelas berat ringan 85kg di Olimpiade Rio pada tahun 2016, tewas saat membela negaranya pada hari Minggu.

    Kabar tersebut dibenarkan oleh Komite Olimpiade Nasional Ukraina, yang mengatakan Pielieshenko tewas dalam operasi pertempuran. “Sejak hari pertama invasi besar-besaran, Oleksandr bergabung dengan Angkatan Bersenjata. Kemarin kami menerima kabar duka atas kematiannya,” katanya di halaman Telegram-nya.

    Federasi Angkat Berat Ukraina juga memberikan penghormatan kepada pemain berusia 30 tahun itu, yang juga merupakan juara Eropa dua kali tetapi tidak berkompetisi sejak dilarang bertanding karena gagal dalam tes narkoba pada tahun 2018.

    “Dengan sangat sedih kami memberi tahu Anda bahwa hari ini jantung master olahraga Ukraina yang terhormat, juara angkat besi dua kali Eropa, Oleksandr Pielieshenko, telah berhenti berdetak,” katanya dalam sebuah pernyataan di samping gambar Pielieshenko di pakaian militer. “Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga dan semua orang yang mengenal Oleksandr!”

    Pelatih angkat besi nasional Ukraina Victor Slobodianiuk mengatakan Pielieshenko telah mati sebagai pahlawan membela Ukraina. Hal itu diungkapkannya dalam sebuah postingan di media sosial Facebook. Federasi angkat besi Ukraina mengumumkan pada Senin (6/5/2024).

    Dikutip dari AFP pada Selasa (7/5/2024), Pielieshenko memenangkan medali emas Eropa pada tahun 2016 dan 2017. Ia bahkan nyaris kehilangan medali di Olimpiade Rio 2016, di mana ia berada di urutan keempat dalam kategori 85 kg.

    “Dengan sangat sedih kami harus memberitahu Anda bahwa jantung olahragawan hebat Ukraina Oleksandr Pielieshenko telah berhenti berdetak,” demikian pernyataan federasi dikutip Kompas.com. Kini, perang Rusia-Ukraina telah memasuki hari ke-804 pada Selasa (7/5/2024) ini.

    Atlet Olimpiade Ukraina lainnya, Vladyslav Heraskevych, mengatakan bahwa sekitar 450 warga Ukraina yang terkait dengan olahraga profesional kini tewas dalam perang. Oleksandr Pielieshenko meninggal pada hari Minggu. Dia bergabung dalam beberapa hari pertama invasi Rusia pada Februari 2022.

    “Orang-orang ini seharusnya mengembangkan olahraga di negara kita dan menjalani kehidupan mereka, tapi sekarang mereka dibunuh,” katanya. “Pada saat yang sama, para atlet Rusia yang mendukung perang kini berkompetisi dalam olahraga internasional. Saya tidak mengerti bagaimana hal itu mungkin terjadi. Ini adalah kegilaan.”

    Theguardian.com memberitakan, kematian Pielieshenko akan menimbulkan pertanyaan lebih lanjut mengenai keputusan Komite Olimpiade Internasional yang mengizinkan beberapa atlet Rusia berkompetisi sebagai atlet “netral” di Olimpiade Paris musim panas ini meskipun ada tentangan dari Ukraina.

    IOC memperkirakan 36 atlet Rusia – dan mungkin sebanyak 54 atlet – akan lolos ke Olimpiade tersebut. Namun warga Rusia yang secara terbuka mendukung perang di Ukraina atau memiliki hubungan dengan militer akan dilarang berkompetisi.

    Warga Rusia yang pergi ke Paris tidak akan diizinkan menghadiri upacara pembukaan, menggunakan bendera atau lagu kebangsaan negaranya, atau berpartisipasi dalam olahraga tim seperti sepak bola dan bola basket. Pembatasan yang sama juga berlaku di Belarus.

    Diperkirakan tim Rusia akan terdiri dari sekitar 10-12 peserta judo, serta beberapa pegulat dan beberapa pemain tenis top dunia, termasuk mantan juara AS Terbuka Daniil Medvedev. Setidaknya tiga pengendara sepeda Rusia dan satu pemain trampolin juga kemungkinan akan diikutsertakan.

    Rusia mengirimkan 335 atlet ke Tokyo pada tahun 2021 – memenangkan 20 medali emas dari total 71 medali. Mereka berkompetisi tanpa simbol nasional di Olimpiade tersebut dan di Olimpiade Musim Dingin pada tahun 2018 dan 2022 setelah skandal doping yang disponsori negara terungkap. (P-*/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini