27.2 C
Jakarta
Friday, May 24, 2024

    Tok !!! Presiden Jokowi resmi buka KTT G-20, Joe Biden masuk paling akhir

    Terkait

    BENDERRAnews.com, 15/11/22 (Denpasar, Bali): Sesudah selesai menerima semua tamu di venue utama The Apurva Kempinski Hotel di Bali, Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyatakan KTT G-20 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger” resmi dibuka, Selasa (15/11/22).

    “Selamat pagi, dengan ini saya nyatakan KTT G-20 dibuka,” kata Presiden Jokowi sambil mengetok palu.

    “Selamat datang di Bali, kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT G-20,” sambut Presiden Joko Widodo.

    “Saya paham perlu upaya luar biasa bagi kita untuk duduk bersama di ruangan ini. Dunia sedang mengalami tantangan luar biasa. Krisis demi krisis terjadi. Pandemi Covid-19 belum usai, perang terjadi, dan dampak krisis tesebut terhadap ketahanan pangan, energi, dan keuangan dirasakan dunia, terutama negara berkembang,” kata Jokowi.

    “Masalah pupuk jangan disepelekan. Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk mencukupi dengan harga terjangkau, maka 2023 akan jadi tahun yang lebih suram. Kelangkaan pupuk akan menyebabkan gagal panen di negara berkembang”.

    “Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita, apakah kita akan mencetak keberhasilan atau menambah angka kegagalan. G-20 harus berhasil dan tidak boleh gagal”.

    “Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin menjembatani perbedaan yang sangat dalam. Namun keberhasilan hanya dapat tercapai jika kita semua, tanpa kecuali, komitmen kerja keras menyisihkan perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret dan bermanfaat bagi dunia.”

    Sesudah memberikan sambutan, diskusi tertutup antara para pemimpin dunia dilakukan. Awak media dipersilakan keluar.

    Biden datang paling awal, hadir terakhir

    Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba paling akhir ke lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Apurva, Kempinski Hotel, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/22). Padahal, sebelumnya Joe Biden menjadi kepala negara pertama yang tiba di Bali untuk menghadiri KTT G-20.

    Dalam siaran langsung dari Apurva, rombongan Presiden Biden datang ke lokasi KTT G20 sekitar pukul 10.00 WITA. Begitu turun dari mobil, dia menyusuri jalur berkarpet merah menuju lobi, di mana Presiden Jokowi menyambut tamunya.

    Dalam video yang disiarkan itu, tangan kanan Presiden Biden terlihat mengangkat tangan kanan ke arah dahinya, seperti memberikan salam hormat kepada Presiden Joko Widodo sambil tersenyum tipis.

    Presiden Jokowi tersenyum melihat Biden, mereka lalu bersalaman sambil berbincang-bincang. Tidak lama kemudian, mereka berfoto di depan latar dengan tulisan “G20 Indonesia 2022”. Presiden Biden tiba ketika hampir semua tamu sudah berada di ruang sidang.

    Sebelum Biden, Presiden Tiongkok Xi Jinping datang ke Apurva sekitar pukul 09.31 WITA, yang juga mendapat sambutan hangat dari Presiden Jokowi.

    Presiden Prancis Emmanuel Macron sudah datang lebih dulu dibandingkan Xi Jinping dan Biden. Dia memeluk Presiden Jokowi secara singkat sebelum berfoto.

    Perdana Menteri India Narendra Modi, mengenakan tunik berwarna putih, tiba di Apurva sekitar pukul 9.15 WITA. India akan menjabat keketuaan G20 berikutnya, setelah Indonesia.

    Kepala Negara, Kepala Pemerintahan dan pimpinan organisasi internasional berdatangan ke lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, mulai pukul 08.00 WITA.

    Saat ini seluruh delegasi KTT G20 sudah berada di Apurva untuk mengikuti konferensi. Presiden Joko Widodo saat membuka KTT G20 menyatakan pertemuan dilakukan secara tertutup.

    Presidensi G20 Indonesia berlangsung ketika dunia masih dilanda pandemi virus corona. Dengan tema besar “Recover Together Recover Stronger”, Presidensi G20 Indonesia mengusung tiga agenda utama, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi. (B-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini