26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

    Seks tidak sekedar puaskan hasrat seksual. Inilah sejumlah manfaatnya untuk kesehatan

    Terkait

    MANFAAT seks sejatinya tak cuma untuk memuaskan hasrat seksual. Nyatanya, sejumlah penelitian menemukan bahwa seks memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, baik bagi pria maupun wanita. Manfaat dari berhubungan seks ini bukan hanya dirasakan secara fisik, tetapi juga secara psikologis, emosional, intelektual, hingga sosial.

    Melansir Healthline, seks merupakan aktivitas yang berkaitan dengan keintiman penis dan vagina. Biasanya, aktivitas ini akan berlanjut ke orgasme dan masturbasi. Di sisi lain, seks berfungsi untuk menjalankan sistem reproduksi untuk menciptakan kehamilan dan memiliki keturunan.

    Namun, beberapa studi menunjukkan seks juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan libido, hingga mengurangi risiko berbagai penyakit. Berikut manfaat seks untuk kesehatan.

    1. Perkuat sistem kekebalan tubuh
    Studi menunjukkan orang yang melakukan seks setidaknya 1-2 kali per minggu memiliki imunoglobulin A yang lebih baik. Begitu sebaliknya, imunoglobulin A pada mereka yang jarang seks lebih sedikit.

    Imunoglobulin adalah antibodi yang berfungsi mencegah penyakit dan benteng pertahanan untuk melawan berbagai virus, termasuk human papillomavirus (HPV). Artinya, seks bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    2. Tidur lebih nyenyak
    Ketika seks, tubuh akan melepas hormon oksitosin alias hormon cinta dan hormon endorfin yang menimbulkan rasa tenang dalam diri.

    Selain itu, seks juga melepaskan hormon prolaktin yang membuat Anda mengantuk dan rileks, sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

    Tidur yang lebih nyenyak bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan energi, hingga memperpanjang usia. Khusus bagi wanita, tidur yang nyenyak dan lebih lama dapat meningkatkan hasrat seksual pada esok harinya.

    3. Redakan sakit kepala
    Studi menunjukkan seks dapat meredakan sakit kepala penuh dan sebagian alias migrain. Hal ini karena seks memberikan rasa tenang dan dapat meredakan berbagai rasa sakit.

    4. Cegah kanker prostat
    Pria yang lebih sering seks memiliki risiko kanker prostat yang lebih kecil daripada yang tidak. Hal ini mengacu pada hasil studi yang menunjukkan pria yang ejakulasi 4-7 kali per minggu memiliki risiko kanker prostat sekitar 36 persen.

    Potensi risiko ini lebih kecil daripada pria yang hanya ejakulasi sekitar 2-3 kali per minggu. Tak hanya itu, studi lain menyatakan pria yang orgasme minimal 2 kali per minggu memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah dari yang jarang berhubungan intim.

    5. Redakan kram menstruasi
    Manfaat seks bagi wanita rupanya bisa meredakan kram menstruasi dan pramenstruasi. Sebab, orgasme saat seks menghasilkan hormon yang dapat meredakan berbagai rasa sakit, termasuk kram di perut yang kerap muncul saat menstruasi dan pramenstruasi.

    Tak hanya itu, berhubungan intim juga memberi manfaat berupa meningkatkan kesuburan, meningkatkan produksi pelumas vagina, hingga melindungi rahim dari pertumbuhan jaringan di luar rahim.

    Seks juga memberi manfaat agar wanita tidak mengalami atrofi vagina atau penipisan dinding vagina setelah masa menopause. Hal ini penting karena atrofi vagina bisa menimbulkan rasa nyeri saat seks di usia lanjut maupun kencing.

    6. Sehatkan jantung
    Dikutip dari laman Everyday Health, seks dapat menyehatkan jantung. Studi menunjukkan pria yang berhubungan intim setidaknya dua kali per minggu memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibanding mereka yang hanya sekali seks per minggu atau bahkan lebih jarang.

    Penyakit kardiovaskular ini misalnya strok dan serangan jantung. Studi lain menyatakan seks bisa menyehatkan jantung karena membakar kalori seperti sedang berolahraga.

    Pria setidaknya membakar 4 kalori per menit, sedangkan wanita membakar 3 kalori per menit ketika seks. Anda bisa menghitung sendiri berapa kalori yang terbakar sesuai durasi seks Anda.

    7. Kurangi stres
    Seks dapat mengurangi stres karena orgasme melepas hormon endorfin dan lainnya yang meningkatkan suasana hati. Selain itu, seks bisa menurunkan tekanan darah yang biasanya meningkat ketika seseorang sedang stres.

    8. Hati bahagia, hubungan lebih kuat
    Bagi mereka yang sudah berpasangan, seks dapat membuat hati bahagia dan hubungan lebih kuat. Sebab, seks memberikan rasa tenang dan senang setelah berhubungan.

    Kepuasan ini selanjutnya dapat meningkatkan rasa cinta dan kepercayaan terhadap pasangan, sehingga hubungan menjadi lebih kuat.

    9. Bikin kulit glowing
    Selain skincare, seks juga bisa menghasilkan kulit yang bercahaya alias glowing. Bahkan, beberapa ahli menyatakan seks dapat membuat Anda terlihat lebih muda karena suasana hati membaik dan stres berkurang.

    10. Semakin percaya diri
    Studi menunjukkan mereka yang sering melakukan seks, maka kepercayaan dirinya semakin meningkat.

    Hal ini terjadi karena tubuh akan sering melepas hormon estrogen saat berhubungan intim. Selain itu, seks juga memberi rasa senang dan tenang, sehingga kepercayaan diri mudah terbangun.

    11. Tingkatkan kesehatan mental
    Manfaat dari seks yang tak kalah penting adalah meningkatkan kesehatan mental dan meredakan kecemasan.

    Selain itu, seks juga bisa meningkatkan kemampuan memahami, mengidentifikasi, dan mengekspresikan emosi, mengurangi tekanan akibat konflik emosional, hingga meningkatkan kemampuan berpikir.

    Hasil penelitian menunjukkan manfaat seks bagi mereka yang berusia 50-90 tahun adalah ingatan menjadi lebih baik dan tidak mudah merasa kesepian. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini