27.2 C
Jakarta
Friday, May 24, 2024

    Sah! Kerukunan Keluarga Kawanua Amerika Serikat Dikukuhkan Secara Adat, Disaksikan Konsul Jenderal RI di Los Angeles

    Terkait

    PRIORITAS, 14/5/24 (Los Angeles, AS): Dewan Pengurus Wilayah Luar Negeri (DPWLN) Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Amerika Serikat dikukuhkan di Los Angeles, 4 Mei 2024. Pengukuhan diadakan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, California, secara adat Minahasa, disaksikan Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Purnomo A. Chandra.

    Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Kawanua (DPP KKK), Angelica Tengker memimpin langsung pengukuhan DPWLN KKK Amerika Serikat yang diketuai Welly Rey.

    Disaksikan pengurus DPWLN KKK AS dan sebagian warga Kawanua di California, Ketum KKK Angelica Tengker memakaikan topi adat Minahasa kepada Ketua DPWLN KKK AS, Welly Rey. (Foto: DPP KKK)

    Sebagai catatan, pembentukan DPWLN KKK Amerika Serikat sudah diumumkan pada saat perayaan Hari Ulang Tahun Emas KKK 31 Mei 2023 lalu, dan dideklarasikan pada 10 September 2023 di Los Angeles, California, AS. Selanjutnya pada 4 November 2023 di Fontana, California, dilakukan pelantikan pengurus DPWLN KKK Amerika Serikat periode 2023-2027 dengan Ketua Welly Rey, Sekretaris Heaven Pinontoan, dan Bendahara Mieske Abas.

    Konjen RI LA: Pererat Silaturahmi Warga Kawanua di AS

    Dalam siaran pers DPP KKK yang diterima media ini Senin (14/5), pada acara pengukuhan, didampingi Sekretaris Jenderal KKK Teichi Kolopita, Angelica Tengker menyampaikan bahwa terbentuknya kepengurusan KKK wilayah luar negeri di Amerika Serikat merupakan wujud kepedulian dalam memperluas wadah pelayanan KKK yang merupakan Wale Wangko (Rumah Besar) Tou Kawanua. “Sebagai Rumah Besar Agung, Kerukunan Keluarga Kawanua sebagai organisasi harus mengedepankan upaya kerukunan, sesuai nama dari KKK itu sendiri,” kata Angelica Tengker.

    Selanjutnya, ia menyampaikan, perbedaan yang ada di antara Tou Kawanua jangan dianggap sebagai pemecah belah melainkan sebagai kekayaan yang mempersatukan seluruh warga Kawanua di mana pun berada. Ditambahkannya, DPWLN KKK Amerika Serikat dapat menjadi mitra strategis pemerintah Indonesia di AS dan juga pemerintah Amerika Serikat.

    Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Purnomo A. Chandra, dalam sambutannya menginginkan warga Kawanua yang berada di Amerika Serikat bisa mempererat silaturahmi warga kawanua yang jumlahnya cukup besar di California maupun di wilayah lain di negara Paman Sam tersebut.

    Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Purnomo A. Chandra (berbaju Batik), menerima cendera mata dari Ketum KKK, Angelica Tengker, dalam acara Pengukuhan DPWLN AS di Los Angeles, California. (Foto: DPP KKK)

    Disebutkan, acara pengukuhan secara adat Minahasa ini sekaligus bertujuan melestarikan nilai-nilai luhur adat Minahasa, Sulawesi Utara. Dalam kesempatan itu, ditampilkan juga tari Maengket dan tari Kabasaran yang dibawakan oleh pengurus KKK Amerika Serikat.

    Tari Kabasaran dipimpin oleh Jussac Rumambi yang ikut rombongan DPP KKK dari Jakarta ke AS. Acara Pengukuhan secara adat Minahasa DPWLN KKK (K3) AS juga menjadi salah satu kegiatan yang turut meramaikan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dengan Amerika Serikat.

    Dalam rangkaian kunjungan DPP KKK di AS, sejumlah keghiatan lain juga dilakukan. Antara lain mengikuti ibadah Minggu 5 Mei 2025 di GPI Laguna, California, bertepatan dengan peringatan Ulangtahun ke-15 pelayanan gereja tersebut di sana. Selain itu, rombongan beserta pengurus DPWLN KKK AS menghadiri pertemuan dengan warga Indonesia di Amerika, khususnya di California, dalam sebuah jamuan makan bersama.

    Pengurus DPP KKK yang ikut serta dalam rombongan ke AS adalah Ketua Bidang Pembinaan Organisasi dan Kaderisasi Keanggotaan (BPOKK) Ifan Pioh, Bendahara Gerakan Muda Kawanua, Stephanie Michelle Wengkang dan Ketua Bidang Gerakan Muda Kawanua, Nathanael Daniel.

    Menurut rencana, rombongan DPP KKK akan kembali ke Jakarta Rabu 15 Mei 2024 waktu setempat. (P-ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini