25.6 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

    Presiden Iran kecelakaan, Ayatollah Ali Khamenei yakinkan tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara

    Terkait

    PRIORITAS (Jakarta) : Sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya dilaporkan mengalami kecelakaan. Helikopter tersebut dikabarkan jatuh saat melintasi daerah pegunungan yang berkabut tebal. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, berusaha meyakinkan rakyat Iran dengan mengatakan tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara.

    Ayatollah Ali Khamenei meminta warganya tidak perlu khawatir terhadap negara tersebut setelah helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi kecelakaan. “Rakyat Iran tidak perlu khawatir, tidak akan ada gangguan dalam pekerjaan negara,” kata Khamenei dalam sebuah pidato yang disiarkan di TV pemerintah, mengutip AFP.

    “Kami berharap Tuhan Yang Maha Kuasa akan membawa presiden kita tercinta dan para pendampingnya kembali dalam keadaan sehat dan selamat ke dalam pelukan bangsa,” lanjutnya.

    Sementara, dkabarkan sejumlah negara dari Turki hingga Irak menawarkan bantuan untuk ikut mencari helikopter tersebut. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku sedih mendengar informasi kecelakaan helikopter yang melibatkan Presiden Iran Ebrahim Raisi.

    Dilansir AFP, Senin (20/5/2024), Erdogan menawarkan bantuan dan dukungan yang diperlukan Iran. “Menawarkan semua dukungan yang diperlukan untuk pencarian tersebut,” kata Erdogan.

    “Kami mengikuti insiden ini dengan cermat, melakukan kontak dan berkoordinasi dengan pihak berwenang Iran dan kami siap memberikan semua dukungan yang diperlukan,” tulis Erdogan di X, sebelumnya Twitter.

    Tawaran yang sama juga disampaikan oleh Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev. Ia mengatakan negaranya dapat membantu upaya penyelamatan untuk menemukan helikopter tersebut.

    “Hari ini, kami sangat terganggu oleh berita tentang sebuah helikopter yang membawa delegasi utama melakukan pendaratan darurat di Iran,” kata Aliyev di media sosial. “Republik Azerbaijan siap menawarkan bantuan apa pun yang diperlukan,” tambahnya.

    Senada dengan Turki dan Azerbaijan Irak juga menawarkan bantuan pencarian dan penyelamatan helikopter Raisi. Perdana Menteri Irak Mohamed Shia al-Sudani menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan sumber daya yang tersedia untuk membantu.

    “Menginstruksikan kementerian dalam negeri, Bulan Sabit Merah Irak dan otoritas terkait lainnya untuk menawarkan sumber daya yang tersedia kepada Republik Islam Iran untuk membantu pencarian pesawat presiden Iran,” juru bicara pemerintah Bassem al-Awadi mengatakan dalam sebuah pernyataan.

    Arab Saudi juga menyuarakan keprihatinannya atas insiden yang terjadi. Arab Saudi memastikan pihaknya akan mendukung dan memberikan bantuan dalam proses pencarian.

    “Kami menegaskan bahwa Kerajaan Arab Saudi mendukung Republik Islam Iran dalam situasi sulit ini dan kesiapannya untuk memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan lembaga-lembaga Iran,” kata Kementerian Luar Negeri Kerajaan Teluk, dalam sebuah pernyataan.

    Sebelumnya, menyusul kecelakaan sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar saat melintasi daerah pegunungan yang berkabut tebal, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, berusaha meyakinkan rakyat Iran dengan mengatakan tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara.

    Dilansir Reuters, Senin (20/5/2024) tim penyelamat saat ini berjuang untuk mencapai lokasi kejadian. Seorang pejabat mengatakan nyawa Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dalam bahaya. “Dalam bahaya menyusul jatuhnya helikopter, yang terjadi dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke perbatasan dengan Azerbaijan di barat laut Iran,”

    “Kami masih berharap, namun informasi yang didapat dari lokasi jatuhnya pesawat sangat memprihatinkan,” kata pejabat tersebut kepada Reuters, yang tidak mau disebutkan namanya.

    TV pemerintah mengutip seorang pejabat yang mengatakan bahwa setidaknya satu penumpang dan satu anggota awak telah melakukan kontak dengan tim penyelamat. Dikatakan juga bahwa helikopter tersebut telah ditemukan, namun Bulan Sabit Merah Iran membantah laporan tersebut.

    Media pemerintah Iran mengatakan cuaca buruk adalah penyebab kecelakaan itu dan mempersulit upaya penyelamatan. Kepala staf tentara Iran memerintahkan semua sumber daya tentara dan pasukan elit Garda Revolusi untuk digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

    “Hari sudah gelap dan hujan mulai turun, namun pencarian terus dilakukan. Tim penyelamat telah mencapai lokasi tersebut… namun, hujan telah menimbulkan lumpur, sehingga menyulitkan pencarian,” kata seorang reporter lokal kepada TV pemerintah. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini