26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

    Mei ‘groundbreaking’ pembangunan infrastruktur pendidikan di IKN

    Terkait

    PRIORITAS, 12/4/2024 (Penajam Paser Utara): Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking. Saat ini sudah groundbreaking ke-6 dengan tema pendidikan yang akan berlangsung pada Mei 2024.

    “Kita sedang meminta waktu, Bapak Presiden sendiri yang akan memimpin (groundbreaking) yang keenam. Mudah-mudahan Mei ada, kemudian nanti Juni-Juli juga mungkin ada beberapa. Kalau yang Mei itu temanya lebih ke arah pendidikan,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono kepada wartawan, Kamis (11/4/2024).

    Bambang mengatakan sektor pendidikan tersebut mencakup pengembangan sekolah yang sudah ada dan peletakan batu pertama beberapa universitas di IKN. Hal itu dalam rangka melengkapi ekosistem di kawasan tersebut.

    “Jadi bagaimana kita akan mengembangkan SD, SMP, SMA/SMK di sekitar Sepaku. Kemudian juga ada beberapa universitas yang akan groundbreaking, ada juga beberapa fasilitas yang nantinya juga akan memperkaya ekosistem,” urainya.

    Bambang menjelaskan, tahun 2024 ini akan diselesaikan tahap pertama pemindahan IKN. Selanjutnya, akan berlangsung 4 tahapan lagi yang masing-masingnya terdiri dari 5 tahun lamanya.

    “Kita 2024 ini adalah tahun tahap pertama dari 5 tahap (pemindahan) IKN. Kemudian setelah ini, ada 4 tahap lagi yang masing-masing 5 tahun. 2024 ini kita mengharapkan sudah terwujud satu ekosistem di Nusantara,” sebutnya.

    Bambang berharap ekosistem yang terwujud di IKN bukan hanya sektor pemerintahan. Dia ingin ada ekosistem pendidikan, kesehatan, gaya hidup, dan lain sebagainya.

    “Jadi tidak hanya fasilitas untuk pemerintah saja, ada istana segala macam, kantor menko, tapi juga fasilitas pendidikannya sudah ada, fasilitas kesehatan yang sudah ada, fasilitas untuk ke leisure/lifestyle juga sudah ada. Itu semuanya ingin kita wujudkan di 2024,” jelasnya.

    Ia menjelaskan, di tahap awal ini setidaknya beberapa kompleks atau kawasan sudah terbangun. Seperti pusat perbelanjaan, hunian, hotel, dan juga tempat berkumpul atau bermain.

    “Walaupun nanti belum semuanya 100 persen ya di 2024. Rata-rata mungkin masih ada yang tahap 1, misalnya begitu. Tahap 1 itu dari satu kompleks yang ingin membangun ada mal, ada kemudian apartemen, ada tempat bermain misalnya. Mungkin tahap satunya hanya hotel ataupun hanya sebagian dari mal, tapi sudah mulai terwujud ekosistemnya. Itu harapan kita di tahap pertama di 2024,” tandasnya. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini