31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    KRI Berbagi Kasih Natal untuk Anak Penderita Kanker Binaan Andy F. Noya

    Terkait

    Jakarta, 15/12/2021 (SOLUSSINews.com) – Organisasi kemanusiaan berbasis penanggulangan bencana, Kawanua Rescue Indonesia (KRI), memberikan bingkisan kepada anak-anak penderita kanker pada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Jakarta yang salahsatu pembinanya adalah pegiat kemanusiaan dan presenter televisi Andy F. Noya.

    Bingkisan berupa barang-barang kebutuhan anak-anak yayasan, diberikan melalui Panitia Natal KRI 2021 di bawah pimpinan Ketua Panitia, Conny Linda Lintang, di lokasi YKAKI Jakarta di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/12) siang. Barang-barang yang disumbangkan berupa susu, beras, minyak goreng, terigu, minyak telon, minyak kayu putih, masker, hand sanitizer, pampers, dan lain-lain.

    Conny Linda Lintang yang di dalam kepengurusan KRI duduk sebagai Wakil Bendahara Umum, mengatakan bahwa sumbangan tersebut merupakan sumbangan para donatur, baik dari dalam KRI maupun simpatisan di luar KRI yang dipimpin Max Ruland Boseke. “Mohon jangan dilihat dari jumlahnya, tapi lihatlah dari ketulusan hati kami dari Kawanua Rescue Indonesia dalam membantu anak-anak di YKAKI. Bingkisan ini merupakan wujud berbagi kasih dari Panitia Natal KRI 2021,” kata Conny yang dalam kesehariannya menjabat Wakil Pimpinan Cabang Bank Sulut Go Jakarta.

    Sumbangan diserahkan di hadapan belasan anak penderita kanker YKAKI dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Sebelum masuk ke area penyerahan sumbangan, seluruh panitia dari KRI diharuskan melakukan tes antigen. Pertemuan dan interaksi dengan anak-anak YKAKI pun, dilakukan dengan menjaga jarak disertai pembatas plastik transparan.

    Bagi KRI yang baru berusia satu tahun, pemberian bantuan seperti ini menjadi program pelengkap dari tugas utama dalam hal penanggulangan bencana di tanah air. Beberapa kegiatan serupa sudah dilakukan KRI seperti pemberian sumbangan untuk korban banjir di Lebak, Banten, juga di Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Selain itu, KRI membawa bantuan untuk korban bencana alam di Indramayu, Jawa Barat, mengirim bantuan ke Kupang, NTB, dan Manado.

    Pengurus YKAKI Jakarta yang diwakili Raudatul Hasanah selaku Wakil Kepala Sekolah-Ku yang didirikan YKAKI menyambut baik dan menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan bingkisan dari KRI. “Terimakasih, ini sangat berharga buat kami, khususnya buat anak-anak di yayasan ini. Semoga Allah membalas dengan limpahan berkah, kesehatan dan kebahagiaan buat Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Kakak-kakak semua,” kata perempuan muda yang biasa dipanggil Rauda itu.

    Dalam kesempatan tersebut, Rauda memperkenalkan 19 belas anak penderita kanker yang berada di YKAKI Jakarta saat ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dalam rentang usia di bawah lima tahun (balita) sampai 20 tahun. “Di sini juga ada anak berusia batita (di bawah tiga tahun), bahkan pernah ada yang tiga bulan,” terang Rauda, “Sebetulnya, saat ini jumlah anak-anak di sini 25 orang, tapi beberapa anak tidak hadir karena sedang dibawa berobat ke rumah sakit.”

    Rauda menyampaikan, selain di Jakarta, YKAKI yang sudah berdiri sejak 15 tahun lalu itu, saat ini memiliki tujuh cabang di Indonesia yaitu di Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Pekanbaru-Riau dan Manado. Dalam kegiatannya, YKAKI menjalin kerjasama dengan rumah-sakit di daerah masing-masing. “Pihak RS memberikan kami akses untuk berhubungan langsung dengan keluarga pasien kanker yang masih anak-anak dan mengalami kesulitan dalam biaya perawatan dan pengobatan,” kata Rauda.

    Perawatan dan pengobatan dilakukan YKAKI dengan menjadikan YKAKI sebagai Rumah Singgah yang diberi nama Rumah Kita. “Jadi, kami menampung mereka di Rumah Kita YKAKI dan mengurus perawatan dan pengobatan ke rumah sakit, termasuk kemoterapi,” tambah Rauda. Diterangkan pula bahwa selama berada di bawah penanganan YKAKI, anak-anak tersebut bersekolah di sekolah khusus yang diberi nama Sekolah-Ku.

    Selain Andi F. Noya sebagai Pembina, sejumlah figur publik juga menjadi pendukung YKAKI yang berada dalam naungan Kementerian Sosial, seperti Seto Mulyadi atau Kak Seto sebagai Penasihat, dan artis Indra Bekti sebagai Duta YKAKI. Bagi yang berniat membantu anak-anak penderita kanker di YKAKI, silakan kunjungi website YKAKI yaitu www.ykaki.org, atau kirim email ke info@ykaki.org. (KRI/PR)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini