27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Imigrasi permudah visa hingga siapkan jalur khusus sambut WWF di Bali

    Terkait

    PRIORITAS, 29/4/24 (Bali): Dalam upaya mensukseskan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali yang bakal dihadiri 35 ribu peserta dari seluruh dunia, pemerintah melibatkan semua sekholder dalam mempermudah kedatangan  peserta dan rombongan dari seluruh dunia.

    WWF  akan dilaksanakan di Bali pada 18–25 Mei 2024 dengan mengusung tema Water for Shared Prosperity (Air untuk Kesejahteraan Bersama)

    Salah satunya, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

    Sebelumnya, Menparekraf, Sandiaga Uno sudah menyiapkan sejumlah kegiatan dalam upaya meningkat kunjungan pariwisata berupa tradisi adat Bali melukat (penyucian diri).

    Sedangkan Dirjen Imigrasi Kemenkumhan akan

    mempermudah penerbitan visa hingga menyiapkan jalur khusus untuk kedatangan delegasi World Water Forum (WWF)  di Bali.

    “Untuk yang kaitan imigrasi, kita bantu penerbitan visa dan jalur khusus untuk kedatangan,” ujar Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin(29/4/24).

    Silmy mengatakan hal tersebut dilakukan karena WWF merupakan gelaran besar yang digelar pemerintah Indonesia. Terlebih, Ditjen Imigrasi termasuk sebagai penanggung jawab bidang registrasi, website, dan sistem informasi pada WWF tahun ini, sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2024.

    “Kita mudahkan bagi yang sudah punya visa sebelumnya, misalnya visa bisnis kunjungan beberapa kali (multientry) atau visa tugas pemerintahan, atau visa on arrival bagi yang belum memiliki visa,” terangnya.

    Sementara untuk jalur khusus, Silmy mengatakan Ditjen Imigrasi telah menyiapkan itu di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Bali, guna menyambut kedatangan para delegasi dari berbagai negara.

    Lebih lanjut, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra menjelaskan Imigrasi Ngurah Rai telah memisahkan jalur kedatangan antara delegasi dan penumpang reguler di area imigrasi.

    “Kami telah siapkan tiga konter khusus bagi para delegasi dengan total 12 petugas. Bagi penumpang reguler, kami telah siapkan 30 unit autogate dan 10 konter pemeriksaan dengan 40 petugas,” ucap Suhendra ketika dikonfirmasi Antara dari Jakarta, Senin(29/4/24).

    Selain itu, Imigrasi Ngurah Rai juga telah melakukan pemetaan terhadap para petugas untuk mekanisme pemeriksaan.

    Untuk pemeriksaan setingkat kepala negara dilakukan di gedung VVIP, setingkat menteri di gedung VIP, dan untuk delegasi lainnya dilakukan di terminal kedatangan internasional.

    “Saya rasa kami sudah on the track dalam persiapan menyambut kedatangan delegasi WWF dan kami akan terus memonitor perkembangan situasi dan kondisi di lapangan,” tutur Suhendra.

    WWF merupakan pertemuan internasional yang diselenggarakan secara bersama oleh World Water Council dan tuan rumah setiap tiga tahun sekali. (P-/ANT/SR/wr) —- foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini