31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    BMKG: Waspada cuaca ekstrem! Potensi puting beliung hingga hujan es

    Terkait

    PRIORITAS, 19/4/24 (Jakarta): Sebagian besar wilayah di Indonesia masih berstatus waspada terhadap cuaca ekstrem.

    Demikian peringatan yang dijekuarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    Berdasarkan laman BMKG pada Jumat (19/4/24) pagi diketahui, wilayah dengan status waspada cuaca ekstrem berpotensi angin puting beliung, hujan lebat, kilat, petir, bahkan hujan es.

    Beberapa wilayah dengan status waspada cuaca ekstrem itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

    Wilayah lainnya yang berstatus waspada ialah Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua dan Papua Selatan.

    Dilansir BeritaSatu.com, BMKG mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

    Jakarta pagi berawan

    Sementara itu, untuk wilayah DKI Jakarta, beberapa wilayah mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari, yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. Di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, BMKG memprakirakan dua wilayah tersebut hanya akan mengalami cuaca berawan di pagi hari.

    Memasuki siang hari, seluruh wilayah DKI Jakarta akan serentak dilanda hujan, baik dengan intensitas ringan maupun sedang. Secara khusus, wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan dilanda hujan sedang disertai dengan petir.

    BMKG memprediksi hujan di DKI Jakarta akan terus berlanjut hingga malam hari. Sebelumnya,

    BMKG telah menerbitkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang yang berpotensi melanda sejumlah daerah di Indonesia dalam sepekan ke depan atau mulai tanggal 16 hingga 21 April 2024.

    Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramdhani mengatakan dalam sepekan ke depan cuaca ekstrem tersebut dapat terjadi di sebagian besar Sumatera, terutama bagian pesisir barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini