31.1 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

    Aman !!! WHO pastikan, vaksin AstraZeneca efektif dan direkomendasikan digunakan secara luas, terutama pada orang berusia 65 ke atas

    Terkait

    Jenewa, 11/2/21 (SOLUSSInews.com) – Sebuah panel WHO menegaskan, vaksin Covid-19 dari AstraZeneca aman dan efektif.

    Organisasi Kesehatan Dunia itu menilai vaksin ini  dan harus digunakan secara luas, termasuk di negara-negara yang terpapar virus korona varian Afrika Selatan.

    Dalam rekomendasi sementara tentang suntikan, panel Kelompok Penasihat Strategis Ahli Imunisasi (SAGE) mengatakan, vaksin harus diberikan dalam dua dosis dengan interval delapan hingga 12 minggu. Vaksin AstraZeneca ini juga harus digunakan pada orang berusia 65 ke atas.

    “Tidak ada alasan untuk tidak merekomendasikan penggunaannya. Bahkan di negara-negara seperti Afrika Selatan, di mana muncul pertanyaan tentang kemanjuran vaksin AstraZeneca terhadap varian baru virus korona SARS-CoV-2,” tegas Ketua SAGE, Alejandro Cravioto, seperti dikutip AFP, Kamis (11/2/21).

    “Kami telah membuat rekomendasi bahwa meskipun ada pengurangan kemungkinan vaksin ini berdampak penuh pada kapasitas perlindungannya. Terutama terhadap penyakit parah, tidak ada alasan untuk tidak merekomendasikan penggunaannya bahkan di negara yang memiliki sirkulasi varian,” katanya.

    “Ada ribuan orang meninggal karena infeksi, di banyak negara di dunia, setiap hari. Apa pun yang dapat kami lakukan untuk menggunakan produk yang mungkin mengurangi itu sepenuhnya dibenarkan,” tutur Cravioto.

    WHO mengatakan pihaknya berharap pada pertengahan Februari untuk menyelesaikan peninjauan vaksinasi untuk persetujuan penggunaan darurat.

    Varian baru Afrika Selatan

    Afrika Selatan minggu ini menghentikan sebagian dari peluncuran vaksin AstraZeneca setelah data dari percobaan kecil menunjukkan, vaksin itu tidak melindungi dari penyakit ringan hingga sedang dari varian 501Y.V2. Varian ini merupakam kasus virus korona yang sekarang dominan di negara tersebut.

    Namun WHO mengatakan, temuan awal itu “menyoroti kebutuhan mendesak untuk pendekatan terkoordinasi untuk pengawasan dan evaluasi varian” dan dampaknya terhadap kemanjuran vaksin.

    Pakar imunisasi WHO, Kate O’Brien mengatakan, pihaknya sedang berbicara dengan para ahli dan pejabat kementerian di Afrika Selatan dan memberikan nasihat.

    “Yang penting diingat, vaksin AstraZeneca merupakan vaksin yang manjur. Dan ini adalah vaksin penting bagi dunia mengingat pasokan yang kami miliki terbatas,” ujar O’Brien.

    Pakar kesehatan global menyambut baik rekomendasi SAGE.

    Jeremy Farrar, direktur perwalian kesehatan global Wellcome, mengatakan, suntikan AstraZeneca akan “membuat perbedaan besar di hampir semua negara dan harus segera diluncurkan secara global untuk menyelamatkan nyawa dan mengendalikan pandemi ini.” Demikian www.medcom.id. (S-MC/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini