26.1 C
Jakarta
Saturday, September 21, 2024

    Argentina dan Prancis teratas peringkat FIFA, Indonesia naik empat tingkat

    Terkait

    PRIORITAS, 20/9/24 (Jenewa): Juara dunia Argentina dan Prancis mempertahankan dua posisi teratas dalam tabel Peringkat Dunia Pria FIFA (FIFA Men’s World Ranking) terbaru yang dirilis pada Kamis (19/9/24).

    Sementara Indonesia naik empat tingkat dari sebelumnya 133 menjadi 129.

    Argentina tetap bertengger di puncak daftar peringkat tersebut dengan 1889,02 poin, diikuti Prancis yang mengantongi 1851,92 poin.

    Kemudian, juara Eropa, Spanyol menduduki peringkat ketiga dengan 1836,42 poin, diikuti oleh Inggris (keempat), Brasil (kelima), dan Belgia (keenam). Namun, peringkat 10 tim teratas tidak berubah, dengan Belanda, Portugal, Kolombia, dan Italia menempati empat slot berikutnya setelah enam tim pemuncak klasemen tersebut.

    FIFA menyebut total 184 laga internasional digelar pada September 2024 saat partai-partai kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026, kompetisi kontinental, dan pertandingan persahabatan dipertandingkan di seluruh dunia.

    Sementara itu, Jepang merangkak naik dua tingkat ke posisi 16 dunia, Iran naik satu tingkat ke posisi 19 dunia, sementara Denmark berhasil masuk dalam urutan 20 besar dan memosisikan diri di jajaran tim setelah para pemuncak tersebut.

    Sedangkan untuk wilayah Asia Tenggara, Thailand menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dengan 1223 poin di peringkat 100, diikuti Vietnam di posisi 116 dan Indonesia di peringkat 129.

    Indonesia lebih unggul dari negara Asia Tenggara lainnya yakni Malaysia di posisi 132, Filipina di peringkat 148, dan Singapura di urutan 161.

    Ketua Umum PSSI Erick Thohir  menyatakan naiknya peringkat Indonesia berkat kerja keras PSSI dan Timnas Indonesia yang mampu meraih poin imbang atas Arab Saudi dan Australia pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

    “Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi,” kata Erick Thohir dalam unggahan di Instagram pada Kamis (20/9/24) seperti dikutip Antara.

    Kendati demikian, Menteri BUMN itu meminta agar hasil ini tidak membuat Timnas Indonesia berpuas diri,  terus berusaha untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi yakni posisi 100 besar

    “Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia,” kata Erick. (P-wr)— foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini