26.5 C
Jakarta
Sunday, May 19, 2024

    Target !!! Doni: Indonesia bebas Covid-19 saat perayaan Hari Kemerdekaan, terjadi penurunan tertinggi dalam seminggu terakhir

    Terkait

    Jakarta, 16/2/21 (SOLUSSInews.com) – Ada pernyataan bernada optimistis dari  Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo yang menargetkan pada Hari Ulang Tahun ke 76 RI pada 17 Agustus 2021 mendatang, Indonesia harus bebas dari Covid-19.

    “Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang maka kita betul-betul harus bebas dari Covid-19. Artinya Covid betul-betul dalam kondisi yang dapat dikendalikan,” ujar Doni dalam Rapat Koordinasi PPKM secara Mikro secara daring, Minggu (14/3/21) lalu.

    Doni juga berharap, masyarakat harus terlibat aktif dalam penanganan Covid-19. Sebab, menurutnya masyarakat bisa sama-sama mencari cara terbaik melalui kesepakatan lewat pertemuan-pertemuan koordinasi baik secara fisik maupun virtual. “Agar semua pihak menyadari bahwa yang paling penting dalam penanganan Covid ini adalah disiplin. Disiplin untuk patuh pada protokol kesehatan, disiplin untuk mengikuti dan menaati semua ketentuan yang sudah digariskan oleh Pemerintah,” jelasnya.

    Doni menegaskan kepada stakeholders terkait, untuk menjalankan komando dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar lebih fokus kepada pendekatan berbasis mikro yaitu RT/RW atau RW/RT. “Kita pun bergharap setiap daerah yang padat penduduknya terutama di perkotaan, daerah-daerah yang memiliki lebih banyak lagi permukiman-permukiman padat seperti rusus bahkan juga apartemen hendaknya bisa mendapatkan cara terbaik bagaimana meredam kasus harian termasuk juga kasus aktif,” ungkapnya.

    Penurunan tertinggi

    Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga mengungkapkan kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia soal penurunan jumlah positif Covid-19 dalam seminggu terakhir yang mencapai 14.000 kasus.

    “Dalam kurun waktu satu minggu terakhir ada hal yang cukup menggembirakan. Pada pertemuan satu minggu yang lalu angka kasus positif kita berada pada posisi 176.000 kasus. Artinya, ada 176.000 orang yang posisinya dalam perawatan baik dalam OTG atau tanpa gejala, gejala ringan, sedang berat bahkan kritis. Namun data yang dikeluarkan oleh tim satgas pada posisis kemarin kasus aktif kita telah turun menjadi 161.000 orang, telah terjadi penurunan sebanyak 14.000 (14.650) orang dalam kurun waktu sekitar satu minggu,” ujar Doni dalam Rapat Koordinasi PPKM secara Mikro secara daring, Minggu (14/3/21).

    Karena itu, Doni menyebut adanya hal positif yang terjadi dalam kurun satu minggu terakhir khususnya pada penurunan angka positif Covid-19. “Artinya ada hal positif yang telah terjadi oleh semua pihak dalam pengendalian Covid ini. Mudah-mudahan dengan inovasi dan kerja keras yang tiada henti kita semua bisa semakin mampu mnekan kasus ini,” kata Doni. 

    Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, dr Dewi Nur Aisyah menambahkan, tren penurunan angka positif Covid-19 satu minggu terakhir menjadi yang paling tinggi dari sebelum-sebelumnya. “Ini jumlah penurunan kasus aktif yang sangat tinggi kalau kita lihat trennya dari September penurunan kasus aktif itu maksimal hanya diangka lima ribuan tapi sekarang kita sudah bisa mencapai penurunan sampai 14.000,” kata Dewi.

    Dewi pun berharap capaian angka penurunan positif Covid-19 yang cukup signifikan tersebut lebih menurun lagi. Dan semua pihak dapat saling bekerjasama dalam penanganan Covid-19. “Jadi ini memang sebuah capaian yang memang bisa kita lihat. Harapannya kita akan terus dapat menurunkan angka penularan sehingga kita berhasil menurunkan melandaikan kurva,” ungkap dr Dewi Nur Aisyah, seperti dilansir Sindonews. (S-SN/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini