34 C
Jakarta
Saturday, July 27, 2024

    Rupiah memang melemah terhadap dolar AS, tapi masih lebih baik dibandingkan negara lain

    Terkait

    PRIORITAS, 26/4/24 (Jakarta): Data per Jumat (26/4/24) ini, menunjukkan, nilai tukar rupiah tercatat berada di level Rp16.222,50 per dolar AS.

    Ya, rupiah mengalami pelemahan 5,37 persen secara year to dateĀ (ytd).

    Tetapi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan, pelemahan atau depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih lebih baik dibandingkan negara-negara lain, terutama di kawasan Asia Tenggara.

    Dikatakannya, Indonesia dalam hal ini nilai tukarnyaĀ year to dateĀ 5,37 persen depresiasinya.

    “Sementara negara-negara sekitar kita dan di emergingĀ G20 kira-kira dalam situasi yang mirip, ada yang lebih parah, tentu tergantung dari pondasi dan kondisi ekonomi masing-masing,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa di Jakarta, Jumat (26/4/24).

    Dalam kurun yang sama, menurutnya, nilai tukar bath Thailand tercatat terkoreksi 8,56 persen, won Korea melemah 6,31 persen, lira Turki juga mengalami pelemahan 10,4 persen.

    “Untuk Brasil dekat dengan kita di 5,06 (persen) terus, kita lihat Vietnam 4,7 (persen), South Afrika 4,7 (persen), dan Filipina 3,9 (persen),” tambahnya.

    Perkuat koordinasi dengan KSSK

    Dikatskannya, sebagai langkah pemerintah untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memperkuat koordinasi bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

    Di samping itu, lanjut Menkeu, kebijakan Bank Indonesia (BI) terus diarahkan untuk menjaga stabilitas rupiah dari dampak penguatan dolar AS secara luas.

    “Masing-masing negara harus mulai melakukanĀ adjustmentĀ dengan dinamikaĀ marketĀ yang cukup tinggi ini, semuanya cenderung makin hati-hati. Semuanya, kemudian cenderung untuk mitigasi risiko dari pergerakan global tersebut,” jelas Sri Mulyani, seperti dikutip ANTARA.Ā (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini