25.6 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

    ‘Playoff NBA’: Mavericks ungguli Thunder 2-1, Nuggets bangkit, Pacers kejar ketinggalan

    Terkait

    Aksi pebasket Dallas Mavericks Luka Doncic pada laga kelima ‘playoff’ putaran pertama Wilayah Barat melawan Los Angeles Clippers di Crypto.com Arena, 1 Mei 2024. ANTARA/Getty Images via AFP/Ronald Martinez/pri.

    PRIORITAS, 12/5/24 (Oklahoma): Keseruan babak playoff NBA semakin meningkat. Ditandai dengan Dallas Mavericks yang mengungguli Oklahoma City Thunder dengan kedudukan 2-1 dalam rangkaian pertandingan babak semifinal  Wilayah Barat, usai menang 105-101 pada gim ketiga yang digelar di American Airlines Center Dallas Texas, Minggu (12/5/24).

    Sementara Denver Nuggets bangkit dari dua penampilan buruknya di semifinal Wilayah Barat dengan mengalahkan Minnesota Timberwolves 117-90 pada gim ketiga yang digelar di markas Wolves Target Center Minneapolis Minnesota, Sabtu (11/5/24) waktu setempat.

    Sedangkan Indiana Pacers mengejar ketertinggalan dari lawannya New York Knicks dengan menang 111-106 dalam laga ketiga babak semifinal NBA Wilayah Timur yang digelar di Gainbridge Fieldhouse Indianapolis Indiana, Sabtu (11/5/24), yang membuat kedudukan 2-1 untuk Knicks

    Kemenangan Mavs didapat dengan pertarungan yang sengit dan menguras fisik. Bintang Dallas Luka Doncic mengalami cedera lutut kanan dan pergelangan kaki kiri yang nyeri ketika ia terjatuh terlentang saat melawan pemain bertahan OKC Lu Dort.

    “Sakit semuanya. Saya habis bertarung di sana,” kata Doncic ketika ditanya usai pertandingan sengit seperti dikutip dari laman resmi NBA.

    Doncic menyumbang 22 poin dengan 15 rebound, PJ Washington Jr. mencetak 27 poin yang terpaut dua poin dari rekor tertinggi ‘playoff’-nya pada kemenangan di laga kedua, Kyrie Irving mencetak 22 poin.

    Luka Doncic yang biasanya menjadi mesin poin dan membuatnya namanya terpatri sebagai pencetak skor terbanyak NBA di musim reguler 2023-2024, kali ini berkontribusi lebih banyak pada aspek jalannya permainan daripada skor.

    Kyrie Irving merupakan bintang pada laga Mavs kontra Thunder tersebut. Dia memberikan serangan telak dengan melewati penyerang forward Thunder Jalen Williams dan melakukan tembakan kidal yang melewati pemain jangkung Thunder Chet Holmgren dengan waktu tersisa 39 detik.

    “Dia luar biasa,” kata Doncic tentang Irving. “Dia juga berusaha memfasilitasi semua orang, jadi dia melakukan semuanya secara langsung. Kami menghargai kehadirannya,” katanya.

    Dari OKC, Shai Gilgeous-Alexander memimpin dengan 31 poin, 10 rebound, dan 4 blok. Pemain amatir Thunder Chet Holmgren mencetak 13 poin dan juga melakukan 4 blok.
    Pemimpin klasemen NBA Wilayah Barat Oklahoma City Thunder kalah dua laga berturut-turut dari Mavericks setelah mengawali babak semifinal dengan percaya diri.

    “Ini sangat kompetitif,” kata Holmgren. “Kedua tim sangat menginginkan menang. Jika Anda mengambil hasilnya, itu adalah segalanya yang ingin Anda lalui dalam pertandingan bola basket,” katanya lagi.

    Laga keempat antara Thunder melawan Mavericks akan dilangsungkan di Dallas Texas pada Selasa (14/5/24).

    Denver Nuggets bangkit

    Sementara itu, Denver Nuggets bangkit dari dua penampilan buruknya di semifinal Wilayah Barat dengan mengalahkan Minnesota Timberwolves 117-90 pada gim ketiga yang digelar di markas Wolves Target Center Minneapolis Minnesota, Sabtu (11/5/24).

    Denver Nuggets terlalu bertekad, terlalu berpengalaman, terlalu bangga, dan terlalu berbakat untuk membiarkan kegagalan mereka di dua gim pertama menentukan seri ini dimenangkan oleh Minnesota Timberwolves yang sedang naik daun.

    Nuggets bangkit di gim ketiga, kalahkan Timberwolves 117-90

    Pemain Denver Nunggets Jamal Murray (27) menggiring bola melewati dua pemain Minnesota Timberwolves pada kuarter kedua gim kedua semifinal Wilayah Barat di Ball Arena Denver, Colorado, 6 Mei 2024. (Getty Images via AFP/MATTHEW STOCKMAN)

    Jamal Murray bangkit dari awal yang buruk di semifinal Wilayah Barat dengan 24 poin untuk memimpin Nuggets.

    “Sejujurnya, ini membuat terasa lebih baik karena kami harus meresponsnya,” kata Murray seperti dikutip dari laman resmi NBA.

    “Itu hanya membuat Anda harus mengunci diri dan berada di sana untuk rekan satu tim,” katanya lagi yang mendapat cemoohan setiap kali dia menyentuh bola.

    Nikola Jokic peraih gelar MVP liga tiga kali hampir mencetak triple-double dengan menyumbang 24 poin, 14 rebound, dan sembilan assist. Michael Porter Jr. mencetak 21 poin dan Nuggets memangkas keunggulan rangkaian pertandingan Minnesota menjadi 2-1.

    Anthony Edwards yang sebelumnya menjadi pencetak skor tertinggi hanya mengumpulkan 19 poin untuk memimpin Wolves. Karl-Anthony Towns bahkan hanya menembak tujuh kali dan hanya memasukkan empat bola dengan total 14 poin.

    Timberwolves bermain lebih lambat dibandingkan dua gim pertama mereka di Denver dan sempat tertinggal sebanyak 34 poin. Perbedaan statistik yang sangat kontras dibandingkan dua gim pertama di mana mereka memenangi laga dengan mudah melawan juara bertahan.

    “Saya akan bertanggung jawab atas kekalahan ini. Saya bermain tanpa energi sama sekali. Saya tidak mampu melakukan itu untuk tim saya. Saya mengecewakan tim saya, pelatih kecewa, penggemar kecewa,” kata Edwards.

    “Saya akan siap pada  Minggu,” katanya lagi memastikan.

    Nuggets menjadi tim ke-30 dalam sejarah playoff NBA yang kalah dalam dua pertandingan kandang pertama dalam seri best-of-seven. “Anda selalu menguji dan mencari tahu tentang sifat manusia dan sifat manusia,” kata pelatih Nuggets Mike Malone.

    Ini adalah langkah maju yang sangat dibutuhkan oleh Denver, memecahkan skor sampai 100 poin untuk pertama kalinya dalam tiga pertandingan melawan tim dengan pertahanan terbaik di NBA Minnesota Timberwolves.

    Gim keempat antara kedua tim akan kembali digelar di markas Timberwolves pada Senin (13/5/24).

    Indiana Pacers kejar ketinggalan

    Selanjutnya, Indiana Pacers mengejar ketertinggalan dari lawannya New York Knicks dengan menang 111-106 dalam laga ketiga babak semifinal NBA Wilayah Timur yang digelar di Gainbridge Fieldhouse Indianapolis Indiana, Sabtu, yang membuat kedudukan 2-1 untuk Knicks

    Andrew Nembhard menjadi penentu kemenangan yang mengubah skor seri 106-106 menjadi 109-106 di sisa waktu pertandingan tinggal 16 detik, meskipun dia hanya mencetak lima poin, lima rebound, dan enam assist pada laga itu.

    Nembhard yang merupakan pemain bertahan memang ditugaskan untuk mengawal para pencetak skor Knicks agar kesulitan meraih poin. Dia mengalami kesulitan pada dua gim sebelumnya karena gagal dalam menahan serangan Jalen Brunson, namun dia membayarnya dengan poin penentu kemenangan.

    Pacers mengejar ketertinggalan, menang 111-106 atas Knicks

    Penampilan pemain Indiana Pacers T.J. McConnell (9) pada kuarter ketiga gim keeman ‘playoff’ putara pertama Wilayah Timur melawan Milwaukee Bucks di Gainbridge Fieldhouse di Indianapolis, Indiana, 2 Mei 2024. (Getty Images via AFP/DYLAN BUELL)

    “Saya tidak bisa mengatakan itu adalah hasil latihan,” kata Nembhard seperti dikutip dari laman resmi NBA. “Itu hanya kejadian yang terjadi pada saat itu saja,” katanya lagi.

    Tyrese Haliburton yang usai laga terlihat babak belur karena permainan yang keras menjadi pencetak skor tertinggi untuk timnya dengan 35 poin, catatan tertinggi kedua dalam kariernya di babak playoff. Dia juga menambahkan tujuh assist untuk membantu rekannya.

    Pascal Siakam menambahkan 26 poin dan Myles Turner 21 poin serta 10 rebound untuk Pacers yang punya kesempatan menyamakan kedudukan di gim keempat yang masih berlangsung di markas mereka Indianapolis.

    Donte DiVincenzo memimpin skor tertinggi Knicks dengan 35 poin, menghasilkan tujuh dari 11 lemparan tiga angka. Brunson menyumbang 26 poin dan enam rebound, termasuk tripoin dengan waktu tersisa 42 detik, tetapi ia nyaris menembakkan airball atau tembakan dengan bola tidak mencapai keranjang pada percobaan tripoin lainnya yang akan menyamakan kedudukan menjadi 109 dengan waktu tersisa 13 detik.

    Brunson memulai laga dengan rata-rata mencetak 35,6 poin per pertandingan, tertinggi di liga pada babak pascamusim. Terlebih lagi, dia juga harus bermain dengan cedera kaki kanan.

    “Keputusan yang buruk dan sesuatu yang dapat kami pelajari,” kata Brunson setelah terlihat mencoba melakukan pelanggaran dalam permainan tersebut. “Saya tahu waktunya, saya tahu semua yang sedang terjadi. Saya baru saja membuat keputusan yang buruk,” katanya lagi.

    Alec Burks mencetak 14 poin dan Miles McBride bersama Josh Hart sama-sama mencetak 10 poin. Hart menambahkan statistik pertahanan yang apik dengan 18 rebound.

    Selanjutnya, gim keempat antara Knicks melawan Pacers akan dilangsungkan pada hari Senin (13/5/24). (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini