26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

    MotoGP Amerika: ‘Pole’ perdana bagi Vinales, Marques berhasil rebut posisi tiga

    Terkait

    PRIORITAS, 14/4/24 (Austin): Tampil gemilang, pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales merebut pole perdananya pada musim 2024 di MotoGP Amerika yang bergulir di Circuit of the Americas alias COTA, Austin, Texas, AS, Sabtu (13/4/24).

    Vinales mencatatkan waktu putaran tercepat 2 menit 00,864 detik dan berada di depan pembalap pendatang baru Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3).

    Sementara juara dunia delapan kali yang musim ini tampil dengan motor baru, Marc Marquez (Gresini Racing) berhasil merebut posisi tiga.

    Acosta, yang hanya terpaut 0,328 detik dari Vinales, merebut podium kedua dan akan memulai balapan kelas premier di barisan depan untuk pertama kalinya. Pembalap berusia 19 tahun itu hanya memerlukan tiga seri saja untuk meraih pencapaian ini pada debutnya di MotoGP.

    Sedangkan bagi Marquez, yang memiliki margin 0,402 dari sang polesitter, ini merupakan barisan depan pertamanya dengan seragam Gresini dan motor Ducati, setelah lebih dari satu dekade bersama tim pabrikan Honda.

    Martin terjatuh

    Vinales memulai sesi kualifikasi dengan kuat dan segera bersaing dengan para pembalap top lainnya seperti Jorge Martin (Prima Pramac), yang menguasai dua sesi latihan dan memecahkan rekor putaran di COTA.

    Namun, Martin, yang memulai dengan percaya diri, malah melakukan kesalahan di Tikungan 11 dan terjatuh. Sempat bangkit dan tak memilih untuk kembali ke pit, runner-up MotoGP 2023 itu terjatuh lagi pada putaran selanjutnya. Insiden itu membuat sang pembalap Spanyol pun harus puas untuk finis di posisi keenam.

    Juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang mengintai di belakang Martin pun langsung berupaya merebut posisi depan, dan bersaing dengan rekan satu timnya, Enea Bastianini, dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing).

    Bagnaia mengakhiri sesi kualifikasi di posisi keempat dengan selisih 0,488 detik, sementara Bastianini dan Espargaro masing-masing berada di posisi kelima dan ketujuh.

    Melengkapi daftar 10 besar ialah Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Franco Morbidelli (Prima Pramac), dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46).

    Sejumlah pembalap yang pada musim lalu berjaya di COTA, seperti Alex Rins dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), hingga Luca Marini (Repsol Honda), terlihat kesulitan pada sesi kualifikasi musim ini dan masing-masing berada di posisi ke-15, 16, dan 22.

    Sementara itu, rangkaian MotoGP Amerika akan kembali berlanjut pada hari Minggu (14/4/24) ini, dengan bergulirnya balapan Sprint yang dijadwalkan pukul 03.00 WIB. Sementara, balapan utama bakal diadakan pada Senin (15/4/24) pukul 02.00 WIB. (P-ANT/jr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini