27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Menyusui Bukan Penyebab Payudara Kendur

    Terkait

    PRIORITAS, 27/4/24 (Jakarta): Ada perempuan berpendapat bahwa menyusui akan  membuat payudara kendur sehingga memilih tidak menyusi bayinya lantaran bakal kehilangan ke-sexy-annya. Padahal, pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi membantu tumbuh kembang sang buah hati.

    Menurut dr Nadia Alaydrus yang juga dikenal sebagai konten kreator cantik, sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bila menyusui bisa membuat payudara kendur. Ia kemudian berteori. “Pada saat menyusui, aliran ASI itu akan meregangkan kulit dan jaringan payudara sehingga tampak lebih padat. Saat mulai menyapih, payudara tidak lagi dipenuhi ASI sehingga terkesan menyusut,” ujarnya seperti dikutip Okezone dari Instagram @nadialaydrus.

    Nadia Alaydrus, dokter dan ‘content creator’ cantik menyarankan, pastikan pilih bra yang bisa menopang payudara dengan baik. (Foto: Ist./Instagram @nadialaydrus)

    Menurut dr Nadia, penyebab payudara kendur bukan karena sering menyusui. Namun, disebabkan beberapa faktor seperti elastisitas yang kurang baik, aging atau penuaan, dan efek gravitasi, terutama orang yang memiliki payudara besar. Selain itu, penyebabnya adalah kurangnya proper sport bra yang digunakan, merokok, paparan sinar matahari dan kenaikan berat badan.

    Lantas bagaimana tips agar payudara tetap kencang? “Pastikan kamu pilih bra yang bisa menopang payudara dengan baik dan pastikan ukuran branya juga tepat,” jawab dr Nadia.

    dr. Nadia: Efek gravitasi adalah salah satu penyebab payudara kendur, terutama yang berukuran besar, bukan menyusui. (Foto: Ist./Instagram @nadialaydrus)

    Ia juga menyarankan, “Lakukan olahraga secara teratur seperti push up atau charge press, selalu konsumsi makanan yang sehat dan air putih yang cukup. Pastikan buat kamu yang merokok itu stop atau setidaknya kurangi,” pungkasnya. (P-Okezone/ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini