27.2 C
Jakarta
Friday, May 24, 2024

    Ini 4 kebiasaan pagi yang bikin umur panjang

    Terkait

    PRIORITAS, 12/5/24 (Jakarta) : Berbicara soal rahasia panjang umur, maka kebiasaan warga ‘Blue Zone’ atau ‘Zona Biru’ kerap menjadi salah satu topik yang dibahas. Bagaimana tidak, masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut terkenal memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi dibanding orang-orang pada umumnya.

    Zona Biru sendiri adalah sebutan untuk sejumlah kawasan di dunia yang penduduknya memiliki rata-rata angka harapan hidup yang lebih tinggi dibanding masyarakat di belahan dunia lain. Bagi orang yang tinggal di Zona Biru, hidup sehat hingga usia 90 tahun atau lebih adalah hal yang lumrah.

    Karenanya, tidak heran jika banyak yang penasaran dengan rahasia panjang umur ala warga Zona Biru. Ternyata, salah satu kunci panjang umur terletak pada kebiasaan yang mereka lakukan setiap pagi.

    Apa saja rutinitas pagi warga Zona Biru yang bisa membuat mereka panjang umur? Dikutip dari Eat This, berikut pembahasannya.

    1. Sarapan Penuh Nutrisi
    Peneliti sekaligus penjelajah yang mencetuskan istilah Zona Biru, Dan Buettner mengatakan orang-orang yang tinggal di kawasan Zona Biru selalu memulai hari dengan sarapan yang penuh nutrisi. Salah satu menu sarapan yang kerap dikonsumsi adalah oat, terutama ketika di musim dingin.

    Tak hanya itu, mereka juga kerap memadukan oat dengan berbagai bahan bernutrisi lain, seperti kayu manis dan kacang almond, sehingga meningkatkan khasiat yang diperoleh.

    “Saya suka memasaknya (oat dan almond) bersama. Hanya membutuhkan waktu kira-kira 10 menit. Saya menambah sedikit susu kambing. Saya suka sedikit manis, jadi saya menambahkan satu sendok teh sirup maple, dan menambahkan sedikit kayu manis. Dan ketika Anda menambahkan kayu manis, tidak hanya dia antibakteri, tapi juga meningkatkan rasa manis tanpa perlu menambah gula,” terang Buettner.

    2. Meluangkan Waktu dengan Orang Tercinta
    Bagi sebagian orang, pagi hari biasanya menjadi waktu yang paling sibuk. Meski begitu, orang-orang yang tinggal di kawasan Zona Biru selalu meluangkan sedikit waktu untuk berinteraksi dan bercengkrama bersama orang-orang terkasih di pagi hari.

    “Pondasi dari setiap budaya panjang umur di seluruh dunia adalah bagaimana mereka terhubung. Mereka cenderung memprioritaskan keluarga di atas pekerjaan dan hobi,” kata Buettner.

    3. Minum Kopi
    Orang yang biasa minum kopi di pagi hari sudah berada di jalan menuju umur panjang. Sebab, minum kopi menjadi salah satu rutinitas pagi yang kerap dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di kawasan Zona Biru.

    Biasanya, mereka mengonsumsi kopi dengan sedikit rasa manis dan tanpa tambahan krim. Kopi telah terbukti secara ilmiah dapat memberi energi tambahan dan meningkatkan suasana hati sepanjang hari. Selain itu, kopi juga dapat membantu mengatasi depresi dan mengurangi peradangan, dua faktor yang bisa mempercepat proses penuaan.

    4. Temukan Tujuan Hidup
    Studi menunjukkan orang yang memiliki tujuan atau sasaran hidup yang jelas cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak memiliki tujuan tetap. Bagi masyarakat di Zona Biru, tujuan hidup itulah yang memotivasi mereka untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari, dan itu sudah menjadi bagian penting dari gaya hidup mereka.

    Penduduk Okinawa menyebut hal ini dengan istilah ‘Ikigai’. Sedangkan di Nicoyan, Yunani, hal ini dikenal juga dengan sebutan ‘plan de vida’. (P-DTK/wl)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini