27.3 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

    Indonesia lolos ke perempat final hancurkan Jordania 4-1 di Piala Asia U-23

    Terkait

    PRIORITAS, 21/4/24 (Doha): Luar biasa. Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket perempat final Piala Asia U-23 2024, setelah membantai Jordania dengan kemenangan 4-1, pada pertandingan terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/24).

    Dengan kemenangan ini, Indonesia menduduki posisi kedua Grup A dengan koleksi enam poin. Sedangkan posisi juara grup menjadi milik tuan rumah Qatar yang memiliki koleksi tujuh poin, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

    Indonesia mendapat peluang bagus pada menit kelima saat tembakan Rafael Struick dari umpan tarik Witan Sulaeman dapat ditepis kiper Ahmad Juaidi. Tidak lama kemudian Pratama Arhan melakukan lemparan ke dalam panjang dari sisi kanan Indonesia, bola berhasil masuk ke gawang Jordania tapi tidak dihitung gol karena bola sama sekali tidak mengenai pemain di lapangan.

    Kiper Ernando Ari bergerak sigap untuk mengatasi ancaman dari Aref Haitham, peluang selanjutnya milik Jordania didapat dari sepakan Baker Kamal yang melintasi mulut gawang Indonesia.

    Indonesia mendapat hadiah penalti pada menit ke-21, saat pergerakan cepat Sruick di kotak penalti Jordania membuat bek lawan melanggar sang pemain di kotak terlarang. Eksekusi penalti diambil dengan dingin oleh Marselino, yang mengarahkan bola ke sisi kanan gawang tanpa dapat diantisipasi kiper Jordania. 1-0 untuk Indonesia.

    Keunggulan satu gol membuat pasukan Garuda Muda semakin percaya diri. Witan Sulaeman melepaskan tendangan bebas yang masih sedikit mengarah ke atas gawang Jordania.

    Memasuki menit ke-41, Indonesia menggandakan keunggulan melalui kerja sama apik Marselino, Rizky Ridho, dan Witan. Diawali bola sodoran Marselino kepada Rizky Ridho, bola segera diteruskan kepada Witan yang menyelesaikan peluang dengan sepakan akurat ke sisi kanan gawang Ahmad Juaidi. Keunggulan 2-0 bagi Indonesia bertahan sampai turun minum.

    Keunggulan dua gol tidak membuat Indonesia bermain bertahan total pada babak kedua. Peluang bagus didapat dari Hubner yang melakukan serangan balik, tetapi sepakan penyelesaiannya melebar.

    Setelah itu dua kali gawang Indonesia berada di bawah ancaman serius. Bashar Aldiabat melepaskan tembakan yang masih melambung, sedangkan Hubner melakukan blok penting untuk mencegah tembakan Aref Haitham untuk mengarah ke gawang Indonesia.

    Marselino dua gol

    Indonesia kemudian menambah keunggulan pada menit ke-69 melalui gol kedua Marselino. Ia melakukan kerja sama apik dengan Witan, untuk kemudian memaksa kiper Ahmad Juaidi memungut bola dari gawang untuk ketiga kalinya. 3-0 untuk Indonesia.

    Jordania sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-79. Tembakan spekulasi pemain pengganti Waseem Wasef mengenai kaki Hubner untuk mengecoh kiper Ernando, dan bersarang ke gawang Indonesia.

    Pahlawan Indonesia pada pertandingan sebelumnya, Komang Teguh Trisnanda, yang masuk sebagai pemain pengganti, merestorasi keunggulan tiga gol Indonesia pada menit ke-86. Sundulannya dengan memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan bersarang mulus ke gawang Jordania. Keunggulan 4-1 untuk Indonesia bertahan sampai akhir, sekaligus meloloskan mereka ke fase selanjutnya.

    Daftar susunan pemain:

    Indonesia: Ernando Ari, Muhammad Fajar Fathurahman, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-on, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick

    Pelatih: Shin Tae-yong

    Jordania: Ahmad Juaidi, Danial Ahmed Afaneh, Arafat Haj Ibrahim, Mohannad Abu Taha, Aref Haitham, Amer Rasem Jamous, Bashar Adiabat, Sief Addeen Darwish, Aon Abbaas Almaharmeh, Baker Kamal Kalbuneh, Faisal Adel Abushanab

    Pelatih: Abdullah Abu Zema.
    (P-ANT/wr) — foto ilustrasi istimewa

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini