29.1 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

    Dikomplain !!! Transaksi tunai dari GoPay ke rekening BCA tanpa sepengetahuan pemilik

    Terkait

    Jakarta, 28/4/23 (SOLUSSInews.com) – Pemilik akun GoPay atas nama Jeffrey Rawis, mengalami kerugian lantaran adanya transaksi yang dilakukan tanpa sepengetahuannya. Itu terjadi pada Jumat 28 April kemarin, tepatnya pada pukul 10.50 WIB. Aktivis dan wartawan senior tersebut kaget ketika mengetahui dananya di GoPay sudah berkurang padahal saat itu dia tidak melakukan transaksi apa pun.

    Menurut Jeffrey, dalam pengecekannya, transaksi tersebut tercatat dalam Transaction ID 0420230428035042oqdPYvXja51D. Dikatakannya, nilai uang yang tertransfer tanpa sepengetahuannya itu sebesar Rp752.500, dengan tujuan akun BCA nomor rekening 1651761579. Di bawah catatan transaksinya tertulis PT Dompet Anak Bangsa.

    Untuk mengklarifikasi kejadian tersebut, mantan Ketua KNPI Sulawesi Utara itu berusaha menghubungi pihak GoPay sepanjang Jumat kemarin, namun tidak ada respon. “Saya minta pertanggungjawaban GoPay karena ini jelas-jelas sebuah pelanggaran karena transaksi tersebut terjadi tanpa sepengetahuan saya,” keluh pimpinan beberapa organisasi kemasyarakatan dan profesi itu.

    Nomor Rekening Pribadi
    Dalam penelusuran Redaksi media ini, rekening bank yang menjadi tempat tujuan transfer akun GoPay Jeffrey Rawis, yaitu Bank BCA nomor 1651761579, adalah nomor rekening pribadi atas nama Arina Addu. Diduga, nama PT Dompet Anak Bangsa yang disebut Jeffrey terdapat di bawah catatan transaksi, kemungkinan besar telah dicatut atau disalahgunakan.

    Dalam profil perusahaan PT Dompet Anak Bangsa yang dimuat pada website Fintech Indonesia, didapat keterangan dengan isi penjelasan “GoPay (PT Dompet Anak Bangsa) adalah layanan uang elektronik terdepan di Indonesia yang berdiri pada tahun 2016”. Disebutkan lagi, perusahaan itu merupakan bagian dari ekosistem Gojek, perusahaan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Asia Tenggara. Status Perizinan: Tercatat di BI. Nomor dan tanggal Surat Penetapan Izin: 16/151/DKSP/57 pada 4 Juli 2014.

    Sementara lewat penelusuran lainnya pada mesin pencari Google, Redaksi menemukan nama yang mirip dengan PT Dompet Anak Bangsa yaitu PT Dompet Karya Anak Bangsa atau sering disebut DOKAB. Perusahaan tersebut disebutkan berada di belakang aplikasi GoPay.

    Menanggapi penelusuran itu, Jeffrey tetap menganggap bahwa kerugian yang dialaminya merupakan tanggungjawab GoPay. “Bagaimana mungkin saya tidak melakukan transaksi apa pun tapi tiba-tiba dana di akun GoPay saya sudah tertransfer ke nomor rekening yang sama sekali saya tidak tahu dan tidak kenal?” ucap mantan anggota DPRD Sulawesi Utara itu. (ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini