26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

    Cerita Mochtar Riady ihwal kendala MatahariMall.com: “…melanggar hukum alam..!!”

    Terkait

    Jakarta, 6/1/20 (SOLUSSInews) – Tampil blak-blakan dan penuh inspiratif, Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady bercerita tentang kendala membangun platform e-commerce MatahariMall.com.

    Michtar mengatakan, MatahariMall.com melanggar hukum alam, di mana segala sesuatunya harus dimulai dari yang kecil, baru kemudian menjadi besar. Bukan dari yang tidak pernah ada menjadi langsung besar.

    “Usaha itu selalu harus dimulai dari kecil, pelan-pelan menjadi besar. Tidak bisa langsung menjadi besar. Namun, rencana kerjanya harus besar, ” kata Mochtar Riady di acara Indonesia Digital Conference yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), di Jakarta, Kamis (28/11/20) lalu.

    Kegagalan tersebut, menurutnya, juga dikarenakan MatahariMall.com terlalu fokus pada teknologinya. Padahal yang paling penting dalam e-commerce ialah barang dagangannya.

    “MatahariMall.com melanggar hukum alam. Seolah-olah kalau kita mau melakukan e-commerce, ini dititikberatkan pada teknologinya. Ketika itu langsung meng-hire sekitar 300 orang teknisinya. Dia lupa bahwa sebenarnya MatahariMall.com perlu memosisikan diri sendiri apakah itu buka toko di internet atau bangun pasar di internet. Baik dalam membuka toko maupun membangun pasar, intinya adalah barang dagangannya, bukan teknisinya. Jadi hati-hati, jangan seolah-olah e-commerce ini bercerita tentang teknologi. Ini hanya sebagai salah satu instrumen saja. Justru barang yang diperjualbelikan itu yang paling utama,” kata Mochtar.

    Jangan mi pnder

    Mochtar juga mengingatkan untuk tidak minder apabila saat ini kita masih “kecil” dibandingkan yang lain.

    Disebutkan, beberapa tokoh sukses seperti Steve Jobs, Bill Gates dan Jack Ma juga memulai usahanya dari kecil hingga akhirnya menjadi besar.

    “Di tahun 1995, kita sebetulnya lebih maju daripada Tiongkok. Tapi setelah 20 tahun, Tiongkok kini menjadi negara terkuat nomor dua di dunia. Artinya kita jangan pernah minder kalau Indonesia itu kecil, tidak ada apa-apanya. Justru dari kecil inilah kita akan bisa besar,” kata Mochtar Riady yang berjuluk “manusia ide” ini. (S-BS/jr)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini