27.8 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

    Wapres Ma’ruf Amin Terima Pengurus Yayasan Pengembangan Kebudayaan Minahasa: Angkat Kearifan Lokal untuk Perkuat Kebudayaan Nasional

    Terkait

    Dari kiri: Ketua Dewan Pengawas Yayasan Pengembangan Kebudayaan Minahasa (YPKM) Daniel Poluan, Wakil Ketua Treisye Mambo, Ketua Dewan Pembina Theo L. Sambuaga, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Ketua Berny Tamara, Wakil Bendahara Windy Novita Rauf, dan Sekretaris Tedy A. Matheos, di Rumah Dinas Wapres, Selasa 13 Desember 2022. Para fungsionaris YPKM bertemu Wapres melaporkan rencana kegiatan Kongres Kebudayaan Minahasa dan meminta Wapres membuka PraKongres Kebudayaan Minahasa akhir Desember 2022. (Foto: Dok. Humas YPKM)

    SOLUSSInews.com, 15/12/22
    (Jakarta): Sejumlah fungsionaris organisasi budaya Yayasan Pengembangan Kebudayaan Minahasa (YPKM), diterima Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Selasa 13 Desember 2022, dipimpin Ketua Dewan Pembina, Theo L. Sambuaga. Dalam pertemuan di Rumah Dinas Wapres, Jalan Dipongoro, Menteng, Jakarta, itu, Ma’ruf Amin menyatakan dukungannya terhadap rencana pelaksanaan Kongres Kebudayaan Minahasa (KKM) 2022-2023 oleh YPKM.

    “Beliau berpesan, dalam acara KKM nanti, local wisdom atau kearifan lokal agar diangkat untuk memperkuat kebudayaan nasional,” ungkap Theo L. Sambuaga, tokoh senior Minahasa, Sulawesi Utara, yang juga politisi dan mantan Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Negara Pemukiman dan Prasarana Wilayah Indonesia, seusai pertemuan.

    Fungsionaris YPKM yang mendampingi Theo dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Dewan Pengawas Daniel Poluan, Ketua Berny Tamara, Sekretaris Tedy A. Matheos, Wakil Ketua Treisye Mambo, dan Wakil Bendahara Windy Novita Rauf. Sementara Wapres Ma’ruf Amin didampingi beberapa Staf Khusus.

    Wapres Siap Buka Prakongres
    Dalam kesempatan yang sama, Ketua YPKM, Berny Tamara, menjelaskan bahwa Wapres siap dan bersedia membuka acara Prakongres pada akhir Desember ini. “Tanggal pastinya menunggu kabar dari pihak Protokol Wapres. Pasti akan disesuaikan dengan jadwal kegiatan Wapres,” kata Berny yang dikenal sebagai salah satu tokoh politik nasional asal Sulut yang juga aktif dalam bidang budaya.

    Diterangkan, praKKM merupakan bagian awal penyelenggaraan KKM yang akan bergulir sepanjang 2023. Dalam perbicangan dengan Wapres, dibahas pokok-pokok pikiran yang akan diangkat dalam pembukaan PraKongkres Kebudayaan Minahasa. Satu di antaranya adalah terkait pandangan bahwa kebudayaan sebagai sistem nilai aktual yang terbentuk dari endapan serta kristalisasi nilai-nilai tradisi, kepercayaan, hikmat dari interaksi dengan alam lingkungan dan pengalaman historis, menjadi faktor dominan dan determinan dalam pengembangan peradaban setiap masyarakat.

    Oleh karena itu adalah mutlak perlu bagi setiap generasi masyarakat dan bangsa untuk menjalani kehidupan berkebudayaan secara sadar dan senantiasa berikhtiar memajukan sistem budayanya sendiri.

    Pokok pikiran lainnya adalah, upaya membangun peradaban dan masa depan yang unggul di tengah peradaban dan kehidupan nasional, regional dan global. Itu penting mengingat budaya adalah bagian dasar dari kehidupan, dan dipahami utamanya sebagai manifestasi dari keseluruhan warisan material dan imaterial, merefleksikan tatanan nilai, cara pandang dan tradisi yang hidup sebagai identitas orang dan masyarakat pendukungnya.

    Rekomendasi Strategi Kebudayaan Minahasa
    Sekretaris YPKM, Tedy A. Matheos, menambahkan, Kongres Kebudayaan Minahasa 2023 (KKM-2023) akan mencetuskan dan merekomendasikan Strategi Kebudayaan Minahasa untuk menjadi pedoman dasar bagi setiap pengkajian, pemahaman dan perancangan strategi budaya serta strategi pengembangan kreativitas masyarakat atau “Tou” Minahasa ke depan, dalam bingkai NKRI.

    Rekomendasi lainnya adalah pemperteguh komitmen Tou Minahasa dalam menumbuhkan daya cipta bagi generasi kini maupun yang akan datang, dan mengingatkan bangsa Indonesia tentang keberagaman budaya sebagai fakta sosial di mana kebudayaan Minahasa adalah bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan bangsa.

    Tedy menguraikan, melalui KKM-2023 diharapkan pemajuan kebudayaan Minahasa akan semakin mendapat ruang, fasilitas dan suasana kondusif memadai untuk memperteguh jatidiri budaya. Pada gilirannya, itu mendasari pengembangan daya cipta atau kreativitas dan kearifan lokal Tou Minahasa yang sejalan dengan amanat Undang-undang No. 5 Tahun 2017 sebagai upaya pemajuan kebudayaan. Rangkaian itu dimaksudkan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia menjadi masyarakat berkepribadian dalam kebudayaan, mandiri secara ekonomi dan berdaulat secara politik.

    Rangkaian Acara Kongres Kebudayaan Minahasa
    Dalam siaran pers YPKM baru-baru ini, rangkaian kegiatan dalam Kongres Kebudayaan Minahasa sudah dipersiapkan secara besar-besaran dan diadakan sepanjang tahun 2023. Setelah menggelar Prakongres pada akhir tahun ini, agenda utama yang sudah menanti adalah pembukaan Kongres Kebudayaan Minahasa (KKM) yang rencananya diadakan di tanah Minahasa, Sulawesi Utara.

    Secara garis besar, kegiatan-kegiatan dalam rangka KKM antara lain akan diisi dengan berbagai seminar dengan beragam topik, lomba-lomba, festival (musik bambu, dan lain-lain), lokakarya, dan sebagainya.

    Pada acara puncak KKM Desember 2023, akan digelar pawai budaya Minahasa, bazaar kuliner dan kerajinan Minahasa, upacara perkawinan adat Minahasa, pemilihan Waraney dan Keke Minahasa, dan babak final lomba-lomba.

    Apabila semua rencana berjalan lancar, saat upacara penutupan KKM, akan dilakukan peresmian gedung Pusat Kebudayaan Minahada di Tanah Minahasa. Kehadiran gedung pertunjukan yang memadai ini sangat dirindukan masyarakat Minahasa mengingat selama ini gedung pertunjukan yang ada belum representatif.

    Sebelumnya, pada September lalu, fungsionaris atau pengurus YPKM sudah diterima Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. Dalam pertemuan tersebut, Guberbur Olly menyampaikan dukungan penuh terhadap rencana penyelenggaraan KKM. Olly berlanji Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menunjang dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan KKM di Sulawesi Utara. (ht)

    - Advertisement -spot_img

    Viral

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Terkini